Senin, 27 Oktober 2008

The History of FHC

Banyak temen-temen saya yang nanya apa kepanjangan dari FHC yang jadi alamat email saya sekarang…well..cerita ini berawal dari ratapan sedih semasa SMA yang terlalu hiperbolis kalo diingat-ingat.

Waktu saya kelas 2 SMA , saya dan teman-teman senasib sepenanggungan secara tak sengaja dan tak diduga, membentuk sebuah klub untuk mereka-mereka yang sedang patah hati, terluka hati, sakit hati, lama kelamaan jadi hati-hati….

Klub ini kita namakan Broken Heart Club atau disingkat menjadi BHC, sebuah klub untuk orang-orang yang terabaikan, tercampakkan, teraniaya dan terzalimi dalam hal percintaan. Pastinya setiap orang pernah kan punya pengalaman sakit hati atau patah hati. BHC terbentuk tanggal 7 September 2003 yang beranggotakan beberapa orang yang sedang patah hati karena cinta tak berbalas….Salah satu anggotanya ya saya ini..

Saya masih ingat banget waktu itu saya lagi duduk-duduk selonjoran kaki, kecape’an gara-gara abis gerak jalan dalam rangka orientasi OSIS. Sambil sandaran di dinding kelas..mata saya menerawang jauh……..(mungkin saat itu saya dikira lagi nahan bisul..karena gak biasanya saya diem-diem menghanyutkan,ck..ck..ck). Trus tiba-tiba teman akrab saya, si Nana datang..ikut selonjoran juga…gak lama..yudha datang..ikut selonjoran juga..trus fadli datang ikut selonjoran juga, menyusul Oon datang dan ikut selonjoran juga, terakhir, yusmani datang, apakah dia selonjoran?? Tidak sodara-sodara..dia guling-guling di depan kita..he…3x, sorry yus, just kidding doank. Dia juga ikut selonjoran kayak yang laen…

Nah ngumpul dengan orang-orang ini rasanya pengen buat komedi situasi ala ABG. Mereka gilaaa…segila-gilanya temen yang pernah saya kenal. Kalo gak ketawa ngakak sampai pengen mo nangis saat ngumpul dengan mereka,…berarti gak normal…Saking ‘stress’-nya saya dan mereka dengan karir percintaan yang tragis..tercetuslah sebuah ide untuk membuat klub yang menampung uneg-uneg serta perasaan kita…Saya gak nyangka kita bisa se-melankolis ini..hiks..
Maka..terbentuklah Broken Heart Club yang didirikan oleh (hanya julukan aja yang saya tulis. Ini demi gengsi dan harga diri!!):


1. The Treasure Hunter (gak jelas alasannya apa milih julukan ini)
2. The Coward One (karena waktu itu teman saya yang satu ini gak berani bilang suka ke cewek yang dia taksir)
3. The Confused (karena dia bingung mesti gimana ngomong ama cewek yang dia taksir. Apakah pake bahasa pinguin atau bahasa beruang???)
4. Saya dengan julukan The Over Confidence (karena saya ke ge-eran dan kepe-de-an sendiri dengan si dia yang ditaksir. Padahal dianya biasa-biasa aja tuh!) L
5. The Lost Control (mungkin teman saya yang satu ini ngerasa pernah keceplosan ngomong ama orang yang dia taksir kayak rem mobil yang lagi blong gitu).


Dan kita juga punya koleksi lagu-lagu favorit seperti:

-If you’re not the one nya Daniel Bedingfiled (yang jadi lagu favorit saya jaman-jaman suram waktu itu)
-Pupus nya Dewa
-Luka Lama nya Coklat
-Jatuh Bangun nya Meggy. Z (ini kesukaannya Yusmani)
-Seperti yang kauminta nya Alm. Chrisye (duh..ni lagu ikhlas banget dah liriknya)
-Aku bukan pilihan nya Om Iwan Fals (liriknya pasrah sekaleee..)
-Risalah Hati nya Dewa

Benar-benar suram saat itu…

Trus kita juga punya beberapa pasal yang jadi pedoman buat anggota BHC dalam membasmi kepedihan hati
Pasal 1
Dilarang menyanyikan lagu-lagu senang, lagu-lagu sedih boleh

Pasal 2
Dilarang tertawa karena bahagia, ketawa ngakak karena sakit jiwa boleh. Pokoknya harus sedih terus

Pasal 3
Jika merasa bahagia karena FALLING IN LOVE, ingat pasal 2

Pasal 4
Merenugkan betapa suramnya kisah asmara di tengah malam

Pasal 5
Lakukanlah sesuatu yang menantang adrenalin, misalnya:
-Wudhu dengan aer panas (lebih bagus di campur dengan coklat milo dan tambahkan sedikit gula. Lha kok jadi minuman ?)
-Berpuasa tujuh hari tujuh malam tanpa makan kalo gak lapar, dan tanpa minum kalo gak haus (ho..3x, ya iyalah)
-Dzikir di atas tower sambil terjun tanpa tali pengaman dengan posisi kepala di bawah kaki diatas
-Ngaji dengan tenang di dalam rumah yang lagi kebakaran
Waw..benar-benar ide yang sangat kreatipppp…pantesan kalo anak band lagi sedih bisa bikin sejibun lagu yang temanya itu-itu aja..patah hati dan sakit hati. Karena kata-kata seperti “Saya lagi sedih, marah, kecewa atau putus asa” aja gak cukup untuk mewakili perasaan mereka saat itu. Bagi orang-orang yang sedang broken heart, mereka butuh sesuatu yang lebih dari sekedar kata-kata, yang bisa buat mereka sedikit lebih rela menghadapi kenyataan pahit yang terjadi.

Seiring dengan berjalannya waktu..anak-anak BHC pun menjalani hidup layaknya orang lain. Kita tidur kalo ngantuk, mandi kalo harus mandi, makan kalo harus makan, belajar kalo harus belajar…(yap! sangat normal kan…). Trus juga kita-kita jadi rajin buat kata-kata puitis..yang saat itu terkesan sangat keren sekali dan memiliki aura suram, dalam, dan kelam. ..Tapi pas 5 tahun kemudian saya baca tuh puisi, ekspresi Wow-Keren-Sekali saat dibaca waktu jaman SMA, berubah menjadi ekspresi Gila-Norak-Abis-Tuh-Puisi saat dibaca sekarang.

Saya jadi geli sendiri ngebaca segala tulisan-tulisan dan puisi tragis-nya kita. Kita juga sempat ikutan acara request-request lagu di radio Volare yang namanya Direct Contact (DC) yang sekarang udah almarhum tuh program. Dalam kartu itu di tulis pengirimnya dari anak-anak Broken Heart Club…eh, bukannya dapat simpati atas ketragisan nama klub kita, malah dikatain sama penyiarnya kalo anak-anak BHC itu pasti mukanya sangar-sangar L gilee aje dikatain sangar..dia belom liat sih betapa lugu dan polosnya muka kita…ha..3x

Tapi nama BHC ini gak bertahan lama, sebab musababnya adalah…Di suatu malam yang gelap…secara iseng-iseng saya nonton film di Indosiar. Waktu nonton filmya udah separuh jalan, jadi saya gak tau judul sama cerita awalnya gimana. Abis iklan mata saya gak sengaja ngeliat layar TV di pojok kanan atas yang biasanya muncul judul film yang sedang ditayangkan.


Pas saya liat Waw..ternyata judulnya Broken Heart Club!!! Wuisssss…pas banget tuh..Pasti filmnya drama-drama gitu trus mellow abis..Saya dengan semangat 45 kuadrat nonton tuh film. Film itu emang sih bercerita tentang drama percintaan ..tapi..ternyata eh ternyata Sodara-sodara..tuh film nyeritain tentang kisah percintaan kaum homo dan lesbian…What?!!!

Besoknya saya langsung cerita ke anak BHC. Lalu kita adain rapat dadakan pas waktu istirahat. Kita kompakan ogah pake nama BHC lagi..ntar dikira klub remaja-remaja lesbi dan homo yang sedang mencari identitas diri pula..Dan juga kata “Broken” itu kurang tragis, broken hanya sekedar patah. Kita perlu yang lebih dari sekedar patah….yaitu hancur berkeping-keping. Alhasil kata “Fragile” yang artinya hancur menjdi serpihan atau kepingan atau istilah lainnya rapuh, pun tercetus sebagai pengganti kata “Broken” sehingga klub kita berubah menjadi “Fragile Heart Club” atau FHC

Mengenang betapa noraknya saya dan teman-teman semasa SMA membuat saya terngiang-ngiang akan sebuah lagu dari Sheila On 7 yang judulnya Ketidakwarasan

Ketidakwarasan padaku…
Selimut tebal hati rapuhku..
Berkah atau kutukan..namamu yang slalu kusebut….

Aku mulai nyaman…
Berbicara pada dinding kamar…
Aku takkan tenang..
Jika sehat ku datang….

1 komentar:

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

astaghfirullah...

luarbiasegile

zwani.com myspace graphic comments This blog is owned byKupunya blog....about complicated posting and writing of something...