Rabu, 17 Desember 2008

Untuk Kita






Kita adalah 7 unsur keserasian yang saling melengkapi
Kita adalah 7 karakteristik warna yang tersusun dengan indah
Membentuk sesuatu yang disebut pelangi
Kita adalah 7 elemen yang saling bertautan
Jika satu pudar, maka yang lain pun ikut memudar
Tapi itu hanya warna yang fana
Sapuan tangan dari Yang Kuasa kepada langit yang hanya sementara
Namun, walau telah memudar
7 unsur serasi yang saling bertautan itu akan selalu bersama
Dan pada suatu sore dengan rintik-rintik hujan,
Kita, 7 karakteristik warna yang tersusun dengan indah, akan menghias langit kembali
Dan kita akan membentuk pelangi yang lebih indah dan cerah dari sebelumnya

Untuk kita bertujuh, aku dan kalian adalah mejikuhibiniu

Kamis, 11 Desember 2008

Backpack, I’m In Love!!!

Ini bukanlah tentang kelanjutan dari Film Eiffel, I’m In Love. Tapi postingan saya kali ini lebih karena ingin mengekspresikan rasa cinta saya terhadap…..
Tas punggung!

Knapa tas punggung?? Yak karna dari sejak saya jaman es-de sampai kuliah…tas yang paling is the best ok no problem yang sering saya pakai adalah tas punggung.
Kalo udah pake tas punggung kemana-mana, rasanya lega banget dah!
Lega karna bisa bawa macam2 di dalam tas punggung itu. Saya bisa bawa sabit, piso, parank, clurit (maklum sepulang sekolah saya ngerangkap jadi preman pasar)
Hehehe.. :)

Sejak dari es-de sampai es-em-a, saya udah terbiasa bawa banyak buku sewaktu mo pergi ke sekolah…jadi kalo sekarang pergi kuliah gak bawa banyak barang, kayak berasa gak kuliah gitu..

Tas punggung pun menjadi pililhan paporit saya dan menjadi teman saya dalam menimba ilmu sejak dahulu kala…Bayangkan kawan-kawan…satu hari saya bisa membawa 20 buku tulis+ buku cetak yang saya masukin ke dalam tas ransel..bahkan jaman2 SMA, saya terkadng bawa tas plastic tambahan untuk membawa buku2 pelajaran yang bejibun. Apalagi kalo pelajarannya eksak kayak matematika atau fisika, dimana satu mata pelajaran membutuhkan 4 buku tulis (1 buku catatan, 2 buku latihan dan 1 buku PR) dan 1 buku cetak. Bahkan waktu kelas 3, pernah ada satu hari yang diisi dengan pelajaran eksak mulu. Jam pertama Fisika, Jam kedua Mtk, Jam ketiga Kimia, dan jam keempat Biologi…Yak..lengkap lah sudah penderitaanku…

Setiap mo pergi skolah, pasti emak saya bilang kayak gini,
Emak : “Kok banyak sih bawa buku, kayak mo pergi kemah! anak kuliahan perasaan gak gini2 amat!”
Saya : “ Biar ma, biar keliatan pintar dan rajin.” ( mengharap)
Emak : “Itu sampai bongkok2 jalannya.”

Iyah..saking beratnya tuh tas punggung, sampai2 saya jalan terbongkok2…Waktu itu saya berpikir, jangan2 abis lulus SMA, saya bisa terserang osteoporosis dini atau menderita kelainan tulang lordosis… Oh tidaaaak!!!

Saking seringnya tas punggung saya diisi dengan beban berat, umur tas punggung saya pun gak bertahan lama, paling lama tas punggung saya itu berumur 1 tahun. Itu pun saya yakin kalo aja tuh tas bisa ngomong, mungkin setiap hari dia bakalan berdoa sama Allah SWT, agar diberikan ketabahan dan kekuatan karena setiap hari dianaya dan dizalimi dengan beban buku yang gak ringan. Dan sebagai akibatnya, lemari di rumah saya itu telah dipenuhi beberapa fosil tas punggung dari jaman batu sampai jaman hi-tech. Dengan berbagai macam kondisi yang mengenaskan, seperti:
- Bawahnya jebol
- Resleting tasnya rusak
- Tali tas putus
- Jaitan tas nya sobek

Tapi dari beberapa kondisi diatas, keadaan tragis yang sering menimpa tas saya adalah resletingnya yang rusak. Mungkin sering saya buka tutup kali yah..
Dan sampai saat ini, sampai saya udah lumutan di kampus, tas punggung tetap menjadi pilihan utama. Klo gak pake tas punggung, biasanya saya pake tas selempang, tapi, saya gak bisa pake tas kayak mbak-mbak pada umumnya.
Ehm..tas apa ya namanya?? Itu loh tas yang sering dipake sama cewek2 kebanyakan, yang Cuma di canto-lin ke bahu sebelah kiri atau kanan…
Gak ngerti saya pake tas model kayak gitu…

Waktu itu saya pernah bilang ke teman saya, Linda, kalo nanti udah di semester atas, kita mo ganti gaya pake tas model mbak-mbak. Tapi kenyataannya sampai sekarang pun kita2 masih betah pake tas punggung. Paling banter pake tas selempang, itu pun jarang di pake


Dan dulu saya sama Linda pernah punya cita2 untuk punya sekolahan yang menghalalkan gurunya pake tas punggung dan sepatu kets. Malaskan kalo mesti pake tas model mbak-mbak dan sepatu high heel. Gak saya banget dah !!! I’m not a feminine young lady
Untuk seluruh backpack lovers, mari katakana:
Oh…. Tas punggung, kau memang okeh!!!
Back pack..I’m in love with you!

Senin, 08 Desember 2008

Sesuatu yg pasti,doa dan ikhtiar



Terimakasih telah membuatku merasa tersisihkan,
Karena itu aq mengerti dan aq paham.
Untung saja ada 2 hal yg brnama doa dan ikhtiar
Sehingga walaupun apa yg telah tertulis itu pasti,
Setidak-tidakny kita memiliki kemungkinan agar Tuhan mau berbaik hati merubahny sesuai dgn apa yg kita harapkan


by: Fika A.R

Senin, 01 Desember 2008

Kenapa Selalu Itu-itu Saja

Ass.wr.wb

Allowww semuanya….apa kabarnya?? Baik-baik kan?

Baik, sedang baiknya atau terlalu baik???

Lumayan lama juga gak posting di blog ini…
Saya sedang mengalami futur writing, sebuah penurunan semangat untuk menulis karena satu dan lain hal…

Waktu postingan ini saya tulis…di RCTI lagi mutarin sinetron yang judulnya Kawin Massal. Di bintangi sama Agnes Monica, yang menurut saya tema ceritanya klise sekali dan lagi ngetrend-ngetrend nya di usung sama dunia sinetron kita. Tema ceritanya tentang anak muda yang nikah di usia muda karena berbagai sebab. Malas banget yah nonton sinetron buatan Indonesia…sebagian besar cerita yang diusung gak bermutu, gak mendidik, gak logis, dan gak realistis. Trus juga adegan di sinetron selalu itu2 aja…Kalo gak nangis, pasti ada aja yang berantem :(

Melihat alur cerita dari suatu sinetron buat jidat saya berkerut-kerut. Berkerut-kerut karena banyak bohong dan gak masuk diakal banget!....

Teman-teman pasti sering kan melihat salah satu adegan di sinetron dimana ada pemain antagonis yang lagi jalan-jalan di mall atau pusat perbelanjaan, tiba-tiba ketemu dengan pemain protagonist atau sebaliknya. Sang pemain antagonis mulutnya langsung monyong2, mata melotot, hidung kembang kempis (buset dah!! Ini orang atau banteng yah?) Pokoknya sang pemain pasang tampang dendam yang xtra lebai begitu ngeliat sang pemain protagonist lewat di depan mata kepala dia.

Sementara itu sang pemain protagonist pasang tampang innocent, senyum merekah, bibir memerah, rambut hitam tergerai indah, tapi sayang belakangnya bolong :D (ho..3x, horornya!) berjalan dengan riang gembira tanpa menyadari kalo ada sang pemain antagonis sedang melancarkan kutukan Voodoo ke arahnya…

Melihat seringnya adegan “bertemu secara tak sengaja” antara pemain yang satu dengan pemain yang lain di sinetron, membuat saya berpikir..jangan-jangan bumi ini bentuknya petak kayak kardus indomi….kenapa sering banget yah ada adegan kayak gitu..

Sutradaranya nggak lulus SD nih jangan2. Atau mungkin waktu dia sekolah kebanyakan ulangan dengan bentuk tes Multiple Choice alias pilihan ganda. Jadi otaknya gak pernah dipakai untuk berpikir kreatif menciptakan suatu karya yang memang patut untuk ditonton.

Trus juga banyak sekali sinetron Indonesia yang temanya mengangkat tentang kehidupan remaja…

Tapi sayang yang diexpose kok malah kehidupan percintaan remaja yang masih cinta2 monyet….yang masih mengedepankan ego dan gengsi….

Knapa gak hal lain yang lebih positif yang ditonjolkan, seperti semangat belajar anak-anak remaja dan persiapan mereka saat akan menghadapi ujian…atau anak remaja yang aktif ikut organisasi atau ekskul.

Yeah ada juga sih beberapa sinetron remaja yang berusaha menyisipkan beberapa hal diatas, tapi sayangnya itu hanya sekedar tempelan…cerita utamanya, yah tetap percintaan remaja yang menurut saya terlalu over..gak sesuai dengan porsi-nya sebagai remaja.

Perasaan kenyataannya gak gitu2 amat!
Kenapa mereka begitu tega membuat suatu cerita yang tak mendidik dan tak sesuai dengan realita???

Banyak sinetron kita yang masih jual mimpi, malah mungkin mengobral mimpi….Sering sekali kita ngeliat pengusaha muda (malah lebih pantas dibilang ABG) sukses memimpin perusahaan. Lengkap dengan mobil mewah, suka mejeng dengan gaya mentereng..jreng—jreng--jreng….. Mending kalo ada adegan yang memperlihatkan gimana si pengusaha muda pontang-panting kerja, kaki dikepala, kepala dikaki, tangan dirapatkan kemudian dilipat (hah? Apakah ini atraksi kelenturan tubuh??) demi perusahannya, tapi yang di tonjolkan kok malah sibuk2 gak jelas. Sibuk ngurus pacar nya yang cantik lah, sibuk nge-gaet sekretaris nya sendiri lah, dan masih banyak lagi sibuk2 yang gak jelas yang lain

Padahal realita yang terjadi adalah:
Krisis ekonomi yang membawa dampak ke berbagai sector perekonomian Negara yang mengakibatkan banyak perusahaan tutup, pengangguran meningkat, dan harga sembako melambung tinggi (ciahhhhh…bahasanyo)

Kenyataan itu sungguh menyakitkan…….

Kebanyakan dari rumah produksi memang sih money oriented, tapi jangan sampai merusak tatanan nilai-nilai moral yang ada. Sadarilah bahwa tak semua penonton di Negara kita tercinta ini adalah penonton yang cerdas, tidak semua penonton acara sinetron adalah orang dewasa yang udah bisa ngerti mana yang baik dan yang buruk, mana kenyataan mana yang enggak..perlu diingat wahai…rumah produksi!!! Bahwa anak-anak kecil yang masih ingusan juga suka nonton sinetron!!! Dan gak semua orang tua di Negara kita ini mendampingi anaknya dengan bijak saat nonton acara sinetron

Jangan kalian rusak otak mereka!!!

Saya ngerasa miris melihat banyak anak2 kecil yang jadi korban cerita sinetron kita. Salah satunya, anak murid privat saya. Dulu saya punya beberapa murid private es-de yang salah satunya bernama Della.

Si Della adalah tipe anak es-de yang kalo disuruh belajar lebih banyak ngobrol nya ketimbang seriusnya. Dia juga tipikal anak es-de yang nonton TV dengan khusyuk. Gak heran kalo anak itu hapal dengan berbagai macam acara sinetron yang semakin hari, judul nya semakin aneh-aneh.
Suatu hari saat ulangan semester tlah tiba, saya banyak kasi soal-soal tanya-jawab IPA ke Della. Saat sampai pada soal tanya jawab tentang hewan laut, ada salah satu soal yang bunyinya kayak gini:

Saya: “Hewan laut apakah yang menghasilkan mutiara?”
Ngerasa bahwa ini adalah soal yang paling mudah banget…saya yakin klo Della bisa jawab tuh soal.
Dan ternyata emang benar dia bisa jawab
Della : “Mmmm…hewan laut ya kak?”
Saya :”Iya hewan laut yang menghasilkan mutiara.”
Della :”ooo Della tau kak!”
Saya :”Apa?”
Della :” Putri Duyung!!!”
#$@@$%%%^&&

Saya : ……GEDUBRAK!!!!!!!!!!!

Si Della ini emang bisa jawab, tapi…dijawab dengan SALAH!
Trus saya Tanya, “knapa kok jawabannya putri duyung?”
Trus si Della bilang, “Abis di sinetron kan mutiara itu keluar dari air mata Putri Duyung. Ada tuh kak sinetronnya!”

JEGERRRRR!! Rupanya dia liat dari sinetron….dan dia percaya kalo mutiara emang dihasilkan dari putri duyung yang nangis termehek-mehek.
Buset dah efek sinetron bisa meracuni pikiran anak2 ni. Ini yang bahaya!!!
Bisa-bisa nanti ada anak yang berpikir kalo emas itu adalah hasil upil-nya Beruang kutub yang sudah membeku (kalo ada sinetron yang nyeritain beruang kutub sih)

Jadi buat para teman-teman, ibu-ibu, bapak-bapak, mbak-mbak, mas-mas, oom-oom atau tante-tante yang anaknya, adek-nya, keponakannya, atau sepupunya masih kecil, mendingan jangan deh membiasakan mereka nonton TV terlalu sering, apalagi nonton sinetron…efeknya itu yang bisa membawa anak-anak tercebur ke dalam lembah kesesatan yang nyata…(tsahhhhh..)

Akhir kata, saya ingin menghimbau kepada semuanya untuk mengkampanyekan program Anti Sinetron Indonesia Yang Ceritanya Tak Bermutu dengan slogan:
Ayo Selamatkan Generasi Muda Kita!!!
Belum terlambat…….

Selasa, 25 November 2008

My Favorite Poet

Berikut ini adalah salah satu sajak favorit saya yang ditulis oleh Prof.Dr Sapardi Djoko Damono. Beliau adalah Guru Besar Fakultas Sastra UI. Sajak nya yang berjudul Aku Ingin ini singkat dan sederhana banget...tapi maknanya itu....
dalam..dan penuh arti :)


AKU INGIN


Oleh :
Sapardi Djoko Damono




Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Senin, 17 November 2008

It’s About My Previous Writing

Frankly speaking….I don’t know what I’m gonna write in this posting, but let me explain about some postings that I’ve ever written before.
Yeah, it’s true that those writing deal with certain people whose names are explicitly and implicitly stated in my blog. :t

It doesn’t because I wanna expose my personal experience, but I think writing is an effective way for me to make me feel relief of something that I can tell to another people directly….a certain person exactly

Since there are some parts of my postings that might make a certain person feel teased by me…In this posting, accept my apology for that person. I didn’t mean to do that. I just feel comfortable express what I feel deep down inside my heart by writing.

Why do I have to write in my blog? Why don’t I write my personal experience in my diary?

Okey, let me explain….
It due to I always get stuck in the middle when I try to write on my diary and I made so many scratches because of my handwriting turns to illegible when I feel sad
It’s different when I try to type some of my experiences. The words flow smoothly until the end of my writing.

That’s why I prefer writing my experiences in my blog to writing them in my diary
If some of my writings sound too emotional…I apologize for that. I’m just human…I was angry at that time, but please understand me. I’m sort of person who are passive in certain case.

It is hard for me to arrange the words and say them out loud. I need a media like my blog to make that person know what I feel. And I think it works
And last but not least…

Thank’s a lot for visiting my blog. :k
For those who left the comments, thank’s a lot for your comments gals!
And for a certain person who read my writing. Yeah…I know you know, You know I know..So, what’s next?? :L

Absent Minded Moment

Ass.Wr.Wb

Wew, udah lumayan lama juga gak posting2. Otre begini…Apakah teman-teman sekalian pernah mengalami momen dimana pikiran kayaknya nge-blank dan nggak tau mau melakukan apa?

Well, klo ternyata pernah atau bahkan sering..marilah kita namakan kejadian ini dengan Absent Minded Moment. Momen dimana kita merasa sebagai penderita komplikasi amnesia dan imbisil stadium awal. Otak rasanya kosong dan gak punya petunjuk harus bagaimana….

Dalam kehidupan saya, absent minded moment sering terjadi disaat saya harus mengerjakan beberapa pekerjaan penting dalam kurun waktu yang hampir bersamaan atau ada satu tugas berat yang mesti dikerjakan tapi sebagian besar belum terselesaikan
Maka…absent minded moment pun tak dapat terelakkan.
Contoh dari absent minded moment saya adalah sewaktu saya mo pergi ke rumah murid privat saya. Pas udah di tengah-tengah perjalanan, tiba-tiba pikiran langsung nge-blank dan bingung-bingung linglung.

Dalem ati saya bertanya-tanya, “Siapakah gerangan dirinya?” (h0..3x, jadi lirik lagu yah??!!!)
Gak..dalem ati saya bertanya-tanya,”tadi mo pergi kemana yah?”

Pelan2 saya ngegas motor supaya motor jalannya melambat dan berharap akan mengembalikan ingatan berharga saya yang raib secara misterius.

Dan…..mengurangi kecepatan motor pun membuahkan hasil…yes!!! Saya berhasil ingat. :z
Ingat kalo saya mo ngajar privat di rumah nya si Fita, murid privat saya yang masih es-de kelas lima.

Tapi apa sodara-sodara…..jalan yang seharusnya saya tuju untuk ke rumah si Fita udah kelewatan lumayan jauh….mo belok gak ada tempat belok terdekat. Alhasil, saya mesti cari tempat belokkan yang jauh dari jalan rumahnya Fita…Kyaaa….bensin-bensin-bensin terbuang sia-sia hanya untuk cari belokan gara-gara kelewatan jalan
Contoh lain dari absent minded moment-nya saya juga terjadi waktu lagi serius-seriusnya ngomong dengan teman saya, si Elisa yang sekarang lagi ikut program pertukaran pemuda Indonesia-Kanada.

Waktu itu kita berdua lagi duduk-duduk ngesot di bawah pohon dekat parkiran kampus, sambil membahas masalah yang lumayan serius..karena takut ketawan ama orang-orang yang lewat tentang topick obrolan yang kita angkat, maka kita berdua memutuskan untuk berbicara dengan bahasa beruang sariawan,

Ho…3x, ya enggak lah kita pake bahasa inggris untuk membicarakan sesuatu hal tersebut. Pertimbangannya, orang2 yang lewat gak tau bahasa inggris, jadi aman untuk ngomong kuat-kuat. Pertimbanagn kedua adalah, biar dianggap keren sama orang lain yang lewat dengan harapan mereka akan bilang, “Duh keren abis dah tu dua cewek cantik (semoga….)..ngomong pake bahasa inggris…cara ngomongnya inggris banget, persis kayak bule lagi ngomong tapi sambil kumur-kumur.” Hu…hu..hu..

Ditengah-tengah obrolan kita…yah seperti layaknya dua orang sahabat yang bermesraan manis manja :L(yaksssszzzzz…sungguh saya bukan pecinta sesama jenis!!!) pasti adalah obrolan yang melenceng dari topic, jadi bahasa inggris yang kluar pun adalah bahasa inggris yang berantakan tak karuan.

Lalu tiba-tiba gak ada gempa gak ada tsunami….dari arah belakang terdengar suaru ibu-ibu yang ngomong kayak gini
“What are you talking about?” JEGERRRRRR…..
:c Gawat ada yang bisa bahasa Inggris, ibu-ibu pula..
Trus saya sama Elisa nyengir2 kuda. Ngerasa yakin banget kalo dia ngerti apa yang sedang kita diskusikan, walaupun dia bukan dosen kita dan kemungkinan besar dia adalah seorang guru bahasa Inggris yang lagi punya urusan di kampus saya, maka dengan pasrahnya kita bedua bilang

“We talked about nothing, Mam.”
Trus ibu itu bilang lagi kayak gini
“Nothing? Are you absent minded?”
:#
Oooo jelas banget klo saya dan Elisa absent minded dan speechless. Kita bedua gak sadar klo dari tadi ibu itu udah ada di belakang kita, mendengarkan percakapan dua orang jenius(Amin).......

Hah..gak lagi dah geagayaan ngomong bahasa inggris sambil ngebahas hal-hal yang pribadi di tempat umum. Takut orang2 sekitar kita pada ngerti apa yang lagi kita bahas…laen kali kita pake bahasa panda dan ngomong sambil memeluk pohon bambu..biar kayak film-film mandarin gitu….ada efek pohon bambunya ho..ho…ho…:f

Sabtu, 08 November 2008

Jerawat vs Keledai

Kyaaaaaa….tidaaaakkkk….Mereka datang lagi!!!
Jerawat-jerawat itu tumbuh dengan bahagianya di wajah saya…fenomena ini selalu terjadi sama saya di mingu-minggu tertentu…minggu sibuk, padat, penuh dengan hal yang mesti diselesaikan segera…

Kenapa yah setiap ada jerawat berkembang biak dengan sempurna di wajah saya..pasti tuh jerawat gak pernah sendirian..dia selalu ngajak temannya buat mejeng di muka saya..Alhasil muka berminyak penuh jerawat bagai cendawan di musim penghujan pun muncul…

Dan parahnya malah ada jerawat yang tumbuh 2 x di tempat yang sama…
Ternyata jerawat lebih dodol daripada keledai..kok bisa ya dia terjerumus di tempat yang sama…keledai aja ogahjatuh ke tempat yang sama dua kali. Benar-benar gak punya otak tuh jearwat..(emang ada jerawat ber-otak??)

Talking bout acne…beberapa hari yang lalu ada jerawat sebesar-besar kecebong tumbuh di jidat saya… ukurannya abnormal sehingga dengan yakin dan sok tau nya, anak murid privat saya bilang kalo itu bukan jerawat tapi bisul….Dengar dia ngomong kayak gitu..yah saya tetap santai… ini bukan kali pertamanya saya dapat jerawat badak (baca: jerawat besar)..ini adalah kesekian kalinya..dan saya pun telah puas bereksperimen dengan yang namanya obat jerawat…

Btw, ada gak ni yang punya obat jerawat??? Muka udah kayak permukaan bulan nih…..
Kalo dipikir-pikir ternyata jerawat itu bagai cinta tak terbalas yang menggantung….sungguh menyakitkan..bagai ditusuk seribu sembilu..(ciahhhhh..)
It turns to something wrong if we touch it and turns to something worse if we ignore it….

NB: Belimbing wuluh yang diparut adalah cara ampuh nan manjur bin mujarab untuk memecahkan jerawat batu di wajah..Bagi Anda yang memiliki jerawat batu..buktikan segera!!!

NOTHING

NOTHING
By: The Non Sense

It’s nothing, it’s nothing, it’s nothing...oooo
Everything is nothing..
Something is nothing..
Nothing is absolutely nothing

All the things are nothing
Nothing…nothing..nothing…
Ooo…..oooo….ooo
You think I’m nothing
But you did the wrong thing
Coz’ you don’t know something….

You mean I’m nothing
That’s OK, but you never know there’s something
Gambling is nothing
I hate nothing, You like nothing

Keterbatasan Otak untuk Memahami Instruksi

Saya sering bermasalah dengan memahami suatu instruksi atau petunjuk arah yang diberikan oleh orang lain. Hal ini terbukti dari ketidakmampuan untuk melaksanakan perintah dari emak saya.
Sering dia minta tolong saya untuk ngambil sesuatu barang, tapi berujung pada ngomel panjang lebar sama saya karena saya kebanyakan nanya..
Contoh:

Emak: Ki ambilkan kacamata di atas lemari.
(oke lemari di rumah itu jumlahnya ada 10…ini masih terlalu umum)
Saya : Lemari di mana ma?
Emak : “Lemari di dapur”
(Lemari di dapur ada 3 jumlahnya)
Saya : Lemari yang mana ya?
Emak : Lemari yang ada kacanya
(2 lemari di dapur punya kaca)
Saya : Lemari kaca yang mana ya?
Emak : udah lah, gak jadi, kebanyakan nanya…kayak bukan orang di rumah ini aja..(dilanjutkan dengan ngomel-ngomel sendiri)
Saya : segera pergi menyelamatkan diri

Jika seperti ini..apakah saya yang lemot atau instruksi dari emak saya yang gak jelas???

Kasus ke dua
Waktu itu saya baru masuk kuliah..jadi wajah saya di kampus itu masih fresh-freshnya dan imut-imutnya. Nah saat itu saya dan beberapa orang teman di rekrut untuk menjadi panitia pelaksana (baca: pesuruh, he…3X) suatu kegiatan kampus yang ngundang mahasiswa FKIP dari propinsi lain. Yah..kegiatan skala nasional gitu. Kita juga ada mengundang BEM dari fakultas dan sekolah tinggi lainnya.
Suatu saat saya dan teman saya, si Dedi mo nganterin surat undangan untuk BEM STAIN.
Pas kita udah nyampe di sana., kita gak tau persis letak BEM STAIN tuh dimana..Maka dari itu tercetuslah sebuah ide brilian yaitu…kita nanya sama mahasiswa disitu!.....

Lalu saya papas an dengan mbak-mbak yang kebetulan lewat disitu.
Saya: Misi mba, mo nanya BEM STAIN dimana ya?
Mbak-mbak: OO disana tuh… dari sini lurus trus nanti belok ada bangunan. Nah itu dia BEM STAIN
Saya: oo makasih ya mbak
Mbak-mbak: sama-sama
Dan saya pun menuju kea rah yang ditunjukkan sama mbak-mbak tadi
Oke..lurus lalu belok trus nanti ada banguan dan…tarararara...ada bangunan di sebelah kanan saya..
Oke, saya masuk..
kmudian…..saya menemukan sebuah ruangan..
tapi apa kawanku sekalian…
itu bukan BEM nya STAIN..
tapi..ruangan itu adalah…
WC!..

Buru-buru saya kluar.
Ngeliat saya kluarnya cepat, si Dedi nanya, “Kok cepat kluarnya?”
Saya: “Itu bukan BEM-nya, tapi WC
Dedi: “ hah?kok bisa WC... wakakakakakkkk… WAKAKAKAKAKAKKKK(dedi tertawa secara mensapi buta)
Saya yakin gak salah tafsir tentang petunjuk yang diberikan sama mbak-mbak tadi. Trus saya bilang ke Dedi kayak gini
Saya: Aku yakin Ded, sesuai dengan petunjuk mbak yang tadi.”
Dedi: Ndak, Fika tu tadi salah arah, Mbak itu tadi bilang ada belok kiri lagi…Gak mungkin lah mbak itu bohong atau mo ngerjain kita.
Saya: Hah emang ada belok kiri ??”
Dedi: Wakakakakakakkkkk.. (masih tertawa dan kali ini lebih sadis dari pada sebelumya)

Itulah bukti kedua kalo ternyata otak saya ini memiliki keterbatasan dalam memahami petunjuk dan instruksi

Tapi sodara-sodara sekalian..yang namanya kisas itu pasti berlaku….Peristiwa dodol yang saya alami waktu itu ternyata juga meninpa si Dedi. Dan dia lebih dodol lagi kasusnya..
Jadi ceritanya gini…
Masih dalam event yang sama..kita mo mengantarkan proposal ke bebrapa tempat. Salah satu dari proposal itu ditujuka nuntuk sebuah Bank.
Yang namanya orang mo ngantar proposal pasti kan harus di cek dan ricek terlebih dulu. Tujuannya dimana dan rute perjalanan kita dari satu tempat ke tempat yang lainjuga mesti dipikrkan biar gak boros bensin.
Nah saat hendak mengantarkan proposal yang dituju, saya nanya ke Dedi


Saya: “ Ded, proposalnya mau dimasukkan ke BANK apa nih?”
Dedi:dengan mantapnya si Dedi menjawab, “Bank Panin MANDIRI”
Saya: “Hah? emang ada Bank yang namanya Bank Panin MANDIRI?”
Dedi: “Ada itu tertulis di proposalnya Bank Panin MANDIRI’
Saya: “Coba periksa dulu alamatnya, sapa tau salah”
Dedi: “Ndak aku yakin itu nama Bank nya Panin MANDIRI”
Saya: “ Perasaan gak ada tuh bank PAanin Mandiri. Sejak kapan dua bank itu merger jadi satu!”
Dedi: “Ada, aku yakin itu bank Panin Mandiri. Kita cari dulu!”

Melihat Dedi dengan sangat yakin (baca: sok tau) kalo Bank Panin MANDIRI itu ada, saya pun dengan pasrah tunduk pada Ke-sok tau-an Dedi dan keyakinan geblek-nya kalo Bank Panin MANDIRI itu emang ada. Yah…sapa tau aja kan saya nya yang ketinggalan berita dan ternyata emang ada Bank Panin MANDIRI keselip-selip di kota Pontianak…
Maka kita pun meluncur ke jalanan kota Pontianak yang amburadul
Sampai di kawasan Tanjungpura dimana disitu merupakan kawasan Perbankan…kita gak menemukan satupun bangunan yang ada tulisan Bank Panin MANDIRI nya (ya iyalah..emang gak pernah ada)

Pas ketemu bank Mandiri, saya langsung bilang
Saya: Ded..itu bank Mandiri!”
Dedi: Iya..tapi gak ada Panin-nya
Pas Ketemu Bank Panin
Saya: Ded, itu bank Panin
Dedi: Iya tapi gak ada Mandiri-nya

Alhasil hari itu pencarian akan bank Panin Mandiri menunjukan kenihilan. Nihil karena kita mencari sesuatu yang gak pernah ada

Sampai di parkiran kampus, saya nyuruh Dedi untuk buka lagi alamat proposalnya
Dan tulisan di amplop segede-gede badak tertulis alamat tujuan proposal untuk Bank MANDIRI!!! Tanpa embel-embel panin-nya
DODOL!!!!! Otak DODOL!!!

Kalo aja menganiaya sesama makhluk Tuhan itu gak dosa…udah jeman2 si Dedi saya masukin ke dalam karung terus buang jauh2 ke Pulau Komodo. Biar jadi santapan nusantara untuk warga komodo sepulau
Dasar DODOL!!!

The Victim of Multiple Choices

Saya punya dosen favorit yang ternyata juga jadi favorit beberapa mahasiswa lainnya. Namanya Mr.Gatot , oh..tentu saja bukan Gatotkaca sakti mandraguna (walaupun Mr. Gatot punya kumis tebal mirip The Hero Gatotkaca). Nah Mr. Gatot ini ngajar Language Testing, sebuah mata kuliah yang mengajarkan kita-kita sebagai calon guru untuk merancang tes atau soal-soal ujian buat para murid-murid.

Yak..Pak Gatot itu adalah orang yang agak sedikit anti dengan yang namanya tes berbentuk Multiple Choice yang dalam bahasa indonesianya adalah Pilihan Ganda!
Dia bilang, sebagian besar penduduk Indonesia ini adalah korban dari Multiple Choice. Nah lo…kok bisa???

Trus, tu dosen menjelaskan..konon katanya, Multiple Choice bisa bikin orang jadi cepat pasrah dengan nasib, manja, dan bikin orang malas buat berpikir kreatif untuk menyelesaikan suatu masalah. Ya..karena dikasi pilihan-pilihan dalam menjawab soal itu. Klo kita gak tau apa jawaban dari suatu soal yang susah, biasanya kita pasrah…dan setelah itu, memutuskan untuk menebak-nebak bergembira dengan berbagai macam style seperti: hitung kancing, cap cip cup, atau melihat pola jawaban di kertas jawaban(dengar2 cerita guru Bimbel jaman SMA, katanya setiap jawaban yang benar membentuk pola2 tertentu..yah..mungkin membentuk pola baju Kebaya kali ya… )

Mr. Gatot percaya bahwa banyak orang-orang yang duduk di pemerintahan sebagian besar adalah korban dari Multiple Choice. Kenapa eh kenapa ,kawan?? Dia bilang banyak keputusan-keputusan yang udah dibuat yang jelas-jelas merugikan Negara Indonesia tanah air beta..ini, tapi, masih aja tetap keukeuh dipertahankan…
Karena sikap antipati nya terhadap soal-soal Pilihan Ganda, Mr. Gatot gak pernah ngasi kita soal-soal a, b,c,d seumur-umur saya kuliah dengan dia…

Dan di suatu hari…saat UAS ….saya gak belajar!!! Hebat!…semangat belajar menggebu-gebu saya jaman SMA telah ter-reduksi dan ter-korosi oleh kesibukan cari duit…(baca: sibuk ngajar)
Maka sebagai akibatnya….saya gak bisa jawab soal-soal yang dia kasi secara baik dan benar.

Contoh dari ketidak berdayaan saya dalam menjawab adalah saat harus menjawab soal essay yang kesekian dengan pertanyaannya adalah sebagai berikut:
Pertanyaan: “What is the validity of the test?”

Maka akan dijawab secara tidak ilmiah dengan:
Jawaban Saya: The validity of test is the test that you are going to test to your students must be valid.

He…3x, ..akhirnya terisi juga..walaupun gak belajar dan jawaban muter-muter disitu-situ aja…hebattt…

Balik lagi pada kepercayaan Mr.Gatot akan dampak buruk MC (singkatan dari Multiple Choice ni). Dia juga bilang salah satu dampak negatif dari MC adalah kita jadi terlena…Terlena karena terlalu bnyak opsi yang ditawarkan sehingga kita terbuai jauh hingga ke Dufan (hah? Itu mah dekat). Frankly speaking, terkadang kita melewatkan banyak kesempatan berharga yang ada di depan mata…karena itu tadi alasannya..kebanyakan opsi. Kita sibuk menimbang-nimbang, memilah-milah, memikir-mikir, menggaruk-garuk, mengupil-upil (yang ini apakah benar??) dan tanpa kita sadari bahwa banyak waktu yang sebenarnya udah terbuang karena kelamaan menimbang dan memilah tadi…alhasil kita terhambat untuk terus maju kedepan…

Selain itu juga, MC buat kita jadi nggak kreatip..kita gak terbiasa dengan merangkai kata menjadi suatu kalimat yang bermakna jelas dan lugas. Pantes waktu jaman sekolah dulu paling males kalo ada pelajaran mengarangnya…kita juga jadi gak terbiasa untuk berpikir secra sistematis, dan juga kita gak terbiasa untuk membuat prediksi atau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi kedepannya seperti apa… Kata Taufik Ismail…”Bangsa Indonesia adalah bangsa yang rabun dalam membaca dan buta dalam menulis..(maaf ya klo salah ngutip). Well, Mr.Gatot, No wonder that you anti-Multiple Choice!

Nah sekarang masalahnya, Essay itu jadi momok buat sebagian besar murid2 atau mahasiswa yang menerapkan Sistem Kebut Semalam. Bahayanya essay, klo kita get stuck di tengah2 jalan..gak ada satupun petunjuk yang bisa nolong kita..Therefore, supaya sukses dalam mengerjakan tugas essay, saya pengen bagi tips MENYELESAIKAN SOAL ESSAY SECARA CERDAS CADAS!! Berikut adalah tips-nya:

1. Pasang tampang cerdas saat menerima soal ujian. Jangan memasang tampang pasrah, karena ini akan menimbulkan kecurigaan dini bagi pengawas ujian.

2. Saat mengerjakan soal ujian, pasang tampang sibuk mikir dengan cirri2:
-jidat berkerut
-tangan sibuk mijit-mijit kepala
-pandangan focus ke kertas soal dan jawaban

3. Lakukan gerakan kecil namun berarti, yang bisa menunjukkan bahwa kalian sedang-berpikir-keras-sekali. Gerakan tersebut dapat berupa:
-Mutar-mutar pulpen (kalo yang punya sejarah penyakit vertigo tidak disarankan melakukan gerakan ini, bisa diganti dengan menggigit-gigit ujung pulpen)
-Bagi yang pake kacamata, ada baiknya melakukan gerakan membetulkan bingkai kacamata berulang-ulang saat kalian sedang mencari ide (percyalah..gerakan ini akan tampak sangat keren sekaleee…)

4. Setelah mendapat ide dan berhasil nulis jawabannya…Berpura-puralah untuk sibuk nyari tip-ex ke teman sebelah. Kalian bisa bilang:
“ooo..iya…salah dink, (trus noleh keteman sebelah) eh, minjam tipe ex donk!” atau…”o, iya..klupaan bagian yang ini ( lalu noleh ke teman sebelah), eh tip exnya donk!”
Hal ini bisa membuat teman kita berpikir, “wah..kayaknya lancar nih ngisinya” padahal…(padahal emang lancar…..lancar nebak-nya, he..3x)

Otreh..selamat mencoba tips saya yah!!!

Dua Kata Ambigu Oplosan

Di postingan saya yang judulnya I hate those ambiguous words, saya mengungkapkan betapa gado-gadonya perasaan ini saat baca dua kata ambigu yang bikin uring-uringan sampe pingin guling-guling. Pertanyaannya sekarang adalah … apakah dua kata ambigu itu???....yang berhasil membuat saya susah tidur di malam hari dan sedih-sedih Bombay..

Oke…untuk menghindari ketidakmengertian dengan dua kata ambigu tersebut, saya menggunakan dua kata samaran sebagai penggantinya
Kata samaran sebagai pengganti kata ambigu yang pertama adalah ‘kutu’
Sementara kata kedua akan diganti dengan kata samaran yaitu ‘kupret’
Sehingga kalo di gabung dua kata ambigu samaran tersebut akan berubah menjadi “kutu kupret” dan percayalah bahwa dua kata ambigu yang asli, lebih bagus daripada dua kata ambigu yang oplosan…

Well…knapa kata “kutu kupret” menjadi begitu signifikannya buat saya? Karena kata-kata tersebut cukup memberikan jawaban yang selama ini saya tunggu-tunggu. Setelah hampir setahun lebih runtang-runtung gak jelas..ternyata di malam itu lah saya mendapatkan jawabannya..dan jawaban itu cukup membuat saya ngerasa sia-sia dan tercampakkan..hiks…

Dengan ketidakmampuan otak saya untuk berpikir logic dengan fakta yang udah ada..dan perasaan yang udah campur baur kayak es cendol komplit, saya dengan putus asanya minta pendapat ke beberapa orang teman tentang makna kata “kutu kupret” tersebut..Jawaban yang saya terima hampir senada.
Melalui sms, saya bertanya: “jadi..apa nih maksud dari kata-kata “kutu kupret” yang dia tulis?”

Jawaban pun masuk secara bertubi-tubi. Tapi jawaban dari teman ketiga ini yang mantabbb, dia bilang kayak gini:
Analisis Wacana: “kutu kupret”. Untuk menganalisis ini, kita pake penafsiran lokal = wacana dilihat dari suasana, tempat dan waktu. Diliat dari wacananya ini secara lisan mengacu ke sapaan, tapi struktur kalimatnya justru gak cocok disebut sapaan, soalnya gak ditemukan tanda seru (!). Wacana pasti punya tujuan untuk menggambarkan sesuatu. Jadi wacana ini bisa dibilang menggambarkan keramahtamahan atau mungkin rasa sayang dari *XY ke *XX….Mungkin..

It sounds so scientific and reliable
Setelah membaca jawaban dari 3 orang teman saya itu…(thank’s for your advice, gals)..ada sedikit perasaan lega..lega karena udah bisa sharing dan lega karena tingkat ke-lebai-an perasaan merana saya berkurang…
Seperti kata teman saya, dini yang secara semena-mena dipanggil Udin dan secara kreatip inopatip di panggil Udin Samsudin, Udin Marudin, Udin Komarudin, Udin Burhanudin, Udin Tajudin, Udin Hasanudin, dan masih banyak lagi…dia bilang “We will feel relief after telling our problem to other people, although they can’t give us any solution.”

But..I agree with her, although that other people do not really feel what we feel deep down inside our heart ciahh…wesss..sewesss..
Jadi ingat novel karangan nya Mbak Ninit Yunita yang judulnya “Kok Putusin Gue”. Di novel itu dikisahkan ada sebuah statsiun radio yang namanya Merana FM, sebuah stasiun radio yang khusus di peruntukkan buat orang-orang yang lagi sedih se-Bandung raya karena patah hati atau sakit hati. Slogannya adalah “tiada tangis tanpa air mata”..dan penyiarnya konsisten banget mutarin lagu-lagu sedih buat mereka-mereka yang merana…Seandainya tuh stasiun radio emang benar-benar ada…saya mau donk jadi penyiarnya…(gak bakal ada yang denger kali ya, he...3x.)

Note: *Buat yang pernah belajar Biologi atau suka baca, pasti tau kan maksud dari XX dan XY itu apa…

Selasa, 28 Oktober 2008

Lagu Menggantung dan Digantung


Jenny

by The Click Five



She calls me baby
Then she won't call me
Says she adores me
And then ignores me
Jenny, what the problem now?

She keeps her distance
And sits on fences
Puts up resistance
And builds defenses
Jenny, what's the problem

You leave me hanging on the line
Every time you change your mind

(ini bagian yang paling pas banget dah)
First you say you won't
Then you say you will
Keep me hanging on
But we're not moving on
Or standing still

Jenny, you've got me on my knees
Jenny, and it's killing me

She needs her own space
She's playing mind games
Ends up at my place
Saying that she's changed
Jenny, what's the problem

I'm trying to read between the lines
You've got me going out of my mind

Chorus

It's killing me
It's killing me
Jenny

Lagu tentang mbak Jenny ini memiliki liriknya agak mengena dikit dengan suasana hati saya...
Pertanyaan sekarang adalah
Siapakah Jenny?
a. Mbak-mbak jual jamu
b.Pembantu rumah tangga
c. Tukang salon
d.Pemilik toko klontongan
.....???

Senin, 27 Oktober 2008

AKSI TUTUP HIDUNG

Kenapa judulnya Aksi Tutup Hidung?...Kenapa gak Aksi tutup mulut?...karena postingan saya kali ini berhubungan dengan hidung…

Kalo ada yang pernah gak sengaja atau sengaja secara iseng-iseng nyium bau got (emang ada?)..pasti secara kompak dan lantang akan bilang bahwa got itu amit-amit baunya!!! Tapi pernahkan Anda berpikir bahwa ada sesuatu yang baunya lebih parah dari got???

Kalo Anda menjawab ada, maka saya juga menjawab hal yang sama. Well…sesuatu yang lebih bau dari baunya got itu bagi saya adalah….”bau kentutnya adek saya”… Demi nama baik keluarga dan masa depan tuh anak, kita singkat namanya menjadi Adit yang merupakan singkatan dari Adik Itam (karena kulitnya yang itam mengkilat kayak kulit kebo yang berkubang di lumpur panas-panas)

Setiap manusia di dunia kalo kentut pasti bau. Tapi bau yang dihasilkan masih dalam batas-batas kewajaran dan masih bisa di tolerir. Namun…laen halnya dengan kentut si adit yang baunya kayak bangkai kingkong yang sebelum koid ngelalap jengkol segerobak. Saking baunya tuh kentut, sampai-sampai gak ada pewangi ruangan yang mempan untuk menghilangkan keganasan bau nya.

Parahnya si Adit, dia malah bangga punya kentut bau yang mematikan…dengan brutalnya dia kentut sembarangan berkali-berkali di berbagai penjuru rumah. Mulai dari ruang TV, ruang tamu, kamar ortu, ruang makan, teras, de-el-el. Setelah selesai nge-bom (baca:kentut), biasanya dia tersenyum dengan lebar sambil menunjukkan ekpresi penuh kelegaan dan kemenangan. Lega karena udah berhasil kentut, dan menang karena berhasil membuat orang lain melakukan aksi tutup hidung dan lari-lari terbirit-birit untuk menghindari keracunan bau bangkai. Kalo aja nyumpahin orang itu gak dosa, udah jeman-jeman saya sumpahin dia jadi anak gorilla itam yang idiot!

Mungkin kesannya jahat banget, nyumpahin sodara sendiri jadi anak gorilla, but believe me…I do the right way. Kalo kamu nyium bau kentut nya si Adit, pasti langsung melakukan hal yang sama juga dengan saya. Nyumpahin dia, supaya suatu hari nanti dia gak bisa kentut atau nyumpahin supaya suatu hari nanti lubang idungnya pindah ke dekat bokongnya supaya dia bisa ngerasain betapa bau dan tersiksanya nyium kentut nya sendiri.

Seandainya ada Kompetisi Kentut se-Dunia atau World Fart Competition, dan si Adit ikut..kemungkinan 99,99% dia keluar sebagai juara dunia untuk kategori Kentut terbau, Posisi kentut terartistik, dan suara kentut paling besar…

Maka dari itu, jika anda di suatu tempat dan tiba-tiba mencium bau bangkai kingkong yang koid karena ke-jengkol-an, dapat dipastikan bahwa Adit sedang kentut di sekitar Anda.

Berikut adalah rumus untuk menghitung jarak Anda terhadap Adit saat dia kentut:

Jarak (dalam satuan meter) = jeda antara bunyi kentut dan bau kentut : 4
Hitunglah saat bunyi kentut pertama terdengar hingga tercium bau kentut untuk pertama kalinya lalu di bagi dengan 4, maka Anda akan mendapatkan hasil dalam satuan meter dan Anda akan terkejut dengan kenyataan betapa dekatnya Anda dengan sumber bau tersebut….

The History of FHC

Banyak temen-temen saya yang nanya apa kepanjangan dari FHC yang jadi alamat email saya sekarang…well..cerita ini berawal dari ratapan sedih semasa SMA yang terlalu hiperbolis kalo diingat-ingat.

Waktu saya kelas 2 SMA , saya dan teman-teman senasib sepenanggungan secara tak sengaja dan tak diduga, membentuk sebuah klub untuk mereka-mereka yang sedang patah hati, terluka hati, sakit hati, lama kelamaan jadi hati-hati….

Klub ini kita namakan Broken Heart Club atau disingkat menjadi BHC, sebuah klub untuk orang-orang yang terabaikan, tercampakkan, teraniaya dan terzalimi dalam hal percintaan. Pastinya setiap orang pernah kan punya pengalaman sakit hati atau patah hati. BHC terbentuk tanggal 7 September 2003 yang beranggotakan beberapa orang yang sedang patah hati karena cinta tak berbalas….Salah satu anggotanya ya saya ini..

Saya masih ingat banget waktu itu saya lagi duduk-duduk selonjoran kaki, kecape’an gara-gara abis gerak jalan dalam rangka orientasi OSIS. Sambil sandaran di dinding kelas..mata saya menerawang jauh……..(mungkin saat itu saya dikira lagi nahan bisul..karena gak biasanya saya diem-diem menghanyutkan,ck..ck..ck). Trus tiba-tiba teman akrab saya, si Nana datang..ikut selonjoran juga…gak lama..yudha datang..ikut selonjoran juga..trus fadli datang ikut selonjoran juga, menyusul Oon datang dan ikut selonjoran juga, terakhir, yusmani datang, apakah dia selonjoran?? Tidak sodara-sodara..dia guling-guling di depan kita..he…3x, sorry yus, just kidding doank. Dia juga ikut selonjoran kayak yang laen…

Nah ngumpul dengan orang-orang ini rasanya pengen buat komedi situasi ala ABG. Mereka gilaaa…segila-gilanya temen yang pernah saya kenal. Kalo gak ketawa ngakak sampai pengen mo nangis saat ngumpul dengan mereka,…berarti gak normal…Saking ‘stress’-nya saya dan mereka dengan karir percintaan yang tragis..tercetuslah sebuah ide untuk membuat klub yang menampung uneg-uneg serta perasaan kita…Saya gak nyangka kita bisa se-melankolis ini..hiks..
Maka..terbentuklah Broken Heart Club yang didirikan oleh (hanya julukan aja yang saya tulis. Ini demi gengsi dan harga diri!!):


1. The Treasure Hunter (gak jelas alasannya apa milih julukan ini)
2. The Coward One (karena waktu itu teman saya yang satu ini gak berani bilang suka ke cewek yang dia taksir)
3. The Confused (karena dia bingung mesti gimana ngomong ama cewek yang dia taksir. Apakah pake bahasa pinguin atau bahasa beruang???)
4. Saya dengan julukan The Over Confidence (karena saya ke ge-eran dan kepe-de-an sendiri dengan si dia yang ditaksir. Padahal dianya biasa-biasa aja tuh!) L
5. The Lost Control (mungkin teman saya yang satu ini ngerasa pernah keceplosan ngomong ama orang yang dia taksir kayak rem mobil yang lagi blong gitu).


Dan kita juga punya koleksi lagu-lagu favorit seperti:

-If you’re not the one nya Daniel Bedingfiled (yang jadi lagu favorit saya jaman-jaman suram waktu itu)
-Pupus nya Dewa
-Luka Lama nya Coklat
-Jatuh Bangun nya Meggy. Z (ini kesukaannya Yusmani)
-Seperti yang kauminta nya Alm. Chrisye (duh..ni lagu ikhlas banget dah liriknya)
-Aku bukan pilihan nya Om Iwan Fals (liriknya pasrah sekaleee..)
-Risalah Hati nya Dewa

Benar-benar suram saat itu…

Trus kita juga punya beberapa pasal yang jadi pedoman buat anggota BHC dalam membasmi kepedihan hati
Pasal 1
Dilarang menyanyikan lagu-lagu senang, lagu-lagu sedih boleh

Pasal 2
Dilarang tertawa karena bahagia, ketawa ngakak karena sakit jiwa boleh. Pokoknya harus sedih terus

Pasal 3
Jika merasa bahagia karena FALLING IN LOVE, ingat pasal 2

Pasal 4
Merenugkan betapa suramnya kisah asmara di tengah malam

Pasal 5
Lakukanlah sesuatu yang menantang adrenalin, misalnya:
-Wudhu dengan aer panas (lebih bagus di campur dengan coklat milo dan tambahkan sedikit gula. Lha kok jadi minuman ?)
-Berpuasa tujuh hari tujuh malam tanpa makan kalo gak lapar, dan tanpa minum kalo gak haus (ho..3x, ya iyalah)
-Dzikir di atas tower sambil terjun tanpa tali pengaman dengan posisi kepala di bawah kaki diatas
-Ngaji dengan tenang di dalam rumah yang lagi kebakaran
Waw..benar-benar ide yang sangat kreatipppp…pantesan kalo anak band lagi sedih bisa bikin sejibun lagu yang temanya itu-itu aja..patah hati dan sakit hati. Karena kata-kata seperti “Saya lagi sedih, marah, kecewa atau putus asa” aja gak cukup untuk mewakili perasaan mereka saat itu. Bagi orang-orang yang sedang broken heart, mereka butuh sesuatu yang lebih dari sekedar kata-kata, yang bisa buat mereka sedikit lebih rela menghadapi kenyataan pahit yang terjadi.

Seiring dengan berjalannya waktu..anak-anak BHC pun menjalani hidup layaknya orang lain. Kita tidur kalo ngantuk, mandi kalo harus mandi, makan kalo harus makan, belajar kalo harus belajar…(yap! sangat normal kan…). Trus juga kita-kita jadi rajin buat kata-kata puitis..yang saat itu terkesan sangat keren sekali dan memiliki aura suram, dalam, dan kelam. ..Tapi pas 5 tahun kemudian saya baca tuh puisi, ekspresi Wow-Keren-Sekali saat dibaca waktu jaman SMA, berubah menjadi ekspresi Gila-Norak-Abis-Tuh-Puisi saat dibaca sekarang.

Saya jadi geli sendiri ngebaca segala tulisan-tulisan dan puisi tragis-nya kita. Kita juga sempat ikutan acara request-request lagu di radio Volare yang namanya Direct Contact (DC) yang sekarang udah almarhum tuh program. Dalam kartu itu di tulis pengirimnya dari anak-anak Broken Heart Club…eh, bukannya dapat simpati atas ketragisan nama klub kita, malah dikatain sama penyiarnya kalo anak-anak BHC itu pasti mukanya sangar-sangar L gilee aje dikatain sangar..dia belom liat sih betapa lugu dan polosnya muka kita…ha..3x

Tapi nama BHC ini gak bertahan lama, sebab musababnya adalah…Di suatu malam yang gelap…secara iseng-iseng saya nonton film di Indosiar. Waktu nonton filmya udah separuh jalan, jadi saya gak tau judul sama cerita awalnya gimana. Abis iklan mata saya gak sengaja ngeliat layar TV di pojok kanan atas yang biasanya muncul judul film yang sedang ditayangkan.


Pas saya liat Waw..ternyata judulnya Broken Heart Club!!! Wuisssss…pas banget tuh..Pasti filmnya drama-drama gitu trus mellow abis..Saya dengan semangat 45 kuadrat nonton tuh film. Film itu emang sih bercerita tentang drama percintaan ..tapi..ternyata eh ternyata Sodara-sodara..tuh film nyeritain tentang kisah percintaan kaum homo dan lesbian…What?!!!

Besoknya saya langsung cerita ke anak BHC. Lalu kita adain rapat dadakan pas waktu istirahat. Kita kompakan ogah pake nama BHC lagi..ntar dikira klub remaja-remaja lesbi dan homo yang sedang mencari identitas diri pula..Dan juga kata “Broken” itu kurang tragis, broken hanya sekedar patah. Kita perlu yang lebih dari sekedar patah….yaitu hancur berkeping-keping. Alhasil kata “Fragile” yang artinya hancur menjdi serpihan atau kepingan atau istilah lainnya rapuh, pun tercetus sebagai pengganti kata “Broken” sehingga klub kita berubah menjadi “Fragile Heart Club” atau FHC

Mengenang betapa noraknya saya dan teman-teman semasa SMA membuat saya terngiang-ngiang akan sebuah lagu dari Sheila On 7 yang judulnya Ketidakwarasan

Ketidakwarasan padaku…
Selimut tebal hati rapuhku..
Berkah atau kutukan..namamu yang slalu kusebut….

Aku mulai nyaman…
Berbicara pada dinding kamar…
Aku takkan tenang..
Jika sehat ku datang….

Sabtu, 25 Oktober 2008

Misteri Lantai 3 Sebuah Bank

Saya dapat job ngajar di sebuah Bank di Pontianak dengan dua orang yang merupakan senior saya di kampus. Training bahasa inggris yang khusus diperuntukkan untuk karyawan bank tersebut di bagi jadi dua kelas. Satu kelas di lantai 4 dan satunya lagi di lantai 5. Ruang yang dipake buat belajar di lantai 4 adalah ruang meeting. Nah, berhubung karena itu adalah ruang meeting, jadi saya, dua orang senior saya (kak Lisa dan Bang Fahri), dan Mr. Dani (si bos) hendak menggunakan ruang yang di lantai 4 tersebut untuk meeting persiapan materi ngajar minggu depannya.

Kita berempat dari lantai dasar menggunakan lift ke lantai 4…Pas udah di lift, kita gak sengaja ketemu dengan manajer HRD disitu dan lift pun bergerak menuju lantai 4. Tapi, sebelum sampai di tujuan, tuh lift berhenti di lantai 3, pintu lift terbuka…tapi tak seorang pun menunggu disana atau berdiri disana…Trus bos saya, Mr. Dani bilang kayak gini

Mr.Dani: “ Kalo kita naik lift, pasti berhenti di lantai 3 dulu…padahal gak ada siapa-siap disana.”

Saya: “oooooo…..(ber-oo panjang karena saya menganggap hal itu mungkin sering terjadi dengan lift di kota-kota besar)

Manajer HRD: iya…soalnya kan ada penunggunya di lantai 3. Siapa ya namanya…ee..Zubaidah atau Zulaifah…lupa juga saya…(nada suara sang manajer serius banget)

Saya, Kak Lisa, Bang Fahri: Hah, jadi benar2 ada ya..kiraian tadi bohongan.”

Mr. Dani: “gak tadi saya emang iseng-iseng ngomong kayak gitu, eh gak taunya beneran ada.”

Wah horor dink! Ceritanya serem-serem basah gitu. Membuat bulu kuduk menggelinding.
Karena cerita misterius ini, membuat saya, kak Lisa dan Bang Fahri puny ide untuk buat film. Kalo ada cerita horor judulnya Lantai 13, kan terlalu ketinggian tuh. Nah kita mo buat versi lantai yang rendahnya dikit..Lantai 3…Mungkin adegannya kayak gini:

Scene 1: orang-orang pada nunggu lift buat naik ke lantai 4 atau lima misalnya…
Scene 2: Lift pun terbuka…orang-orang masuk pencet tombol lantai 4
Scene 3: Lift bergerak menuju lantai 4
Scene: dan tiba-tiba, lift berhenti di lantai 3
Scene4: Pintu lift terbuka
Scene5: Suasana di lantai 3 kosong…gak ada siapa-siapa, hening…..misterius…..horor….
Scene 6: pintu lift menutup dan kembali menuju lantai 4

Dan film pun usai…Yihaaiiii…brilian sekaleee idenya. Kalo benar-benar dibikin film ni dengan ide kayak gini, wah pasti laku keras nih film. Laku karena dikritik habis-habisan saking jelek dan gak jelasnya ide cerita…ha..3x…Bahkan orang idiot sekalipun bakalan ogah nonton ni film.
Tapi karena cerita sang manajer tentang lantai 3, saya agak sedikit parno kalo naik lift lagi kesana..hiiii…seyeem (baca:serem). Siapa pun nama mbak-mbak yang nunggu lantai 3 tersebut, please jangan goda-goda kita ya mbak….

I Hate those Ambigous Words!

Kalo ada orang yang gak sadar-sadar atau gak sensitif dengan tanda-tanda yang ada di sekitar nya mengenai suatu hal…ya..sayalah orangnya. Ini terjadi sama saya..Gak bisa saya kasi tau sih something which has so many signs to realize..tapi yang pasti, setelah jelas membaca 2 kata ambigu dari sebuah pesan pada malam hari …Yang ada dalam benak saya pada saat itu adalah: “Damn, it’s real!” sadar…sadar..sadar!!” Benar-benar nyata dan saya gak ngigo atau mimpi. Kata-kata ambigu yang bikin perasaan saya campur aduk kayak gado-gado, sedih, marah, kecewa, kesal, ngerasa sia-sia, tercampakkan wah pokoknya feeling so blue dah malam itu… Abis baca tuh kata-kata pamungkas, lagu Mary Jane-nya The Click Five pun terngiang-ngiang di telinga, seolah-olah mewakili perasaan saya malam itu juga…

I didn't cry the day you moved away
I didn't think that I could feel this pain
Until I saw the stranger that was you
Whatever happened to our innocence
And the somethin' that you said about being friends
Tell me how
Help me say the words out loud (
paling pas bagian yang ini)


Gilaaaa…nerima kenyataan yang ada, emang paitnya minta ampyun. Kayak nelan puyer untuk obat sakit diare waktu masih kecil. Wah saya pengen banget sharing tentang apa yang saya rasain malam itu ke teman saya. Cuma tuh anak pastinya udah jeman-jeman tidur awal…Akhirnya..tinggalah saya seorang diri menahan perih di hati…(cia..bahasanyo)
Ada moment dimana saya pengen banget dinyanyiin lagu pelipur lara sama teman-teman saya. Kayak adegan di Laskar Pelangi di saat Mahar menyanyikan lagu Bunga Seroja buat Ikal saat dia sedih ditinggal si Aling pergi. Tapi pasti teman-teman saya pada kompakan bilang, “diiiih..norak..kayak gak ada hal lain aja, nyanyiin lagu buat si fika.” Ho…3x

Saran dari seorang teman sih, saya harus melakukan discourse analysis terhadap kata-kata ambigu tersebut, biar tau makna jelas dari kata-kata tersebut sebenarnya apa. Honestly, secara implicit saya nangkep maksud dari kata-kata tersebut dengan arti yang gak lebih dan gak kurang yang memang itu lah artinya. Contoh kata ringan tangan..ini kan bisa punya dua arti. Ringan tangan untuk hal yang positif, artinya rajin nolong orang…tapi ada juga ringan tangan untuk hal yang negatif kayak ringan tangan mukulin orang. Nah sama tuh dengan kata-kata ambigu tersebut, memiliki makna yang ambigu, bisa iya atau juga bisa enggak nih…mana yang bener. Temen saya bilang bisa aja kata-kata itu emang seperti itulah maknanya, tapi bisa juga kata-kata itu untuk menutupi makna yang sebenarnya,berarti itu hidden truth, kebenaran yang terselubung dong…. Ruwetkan bacanya…seruwet pikiran dan perasaan saya saat membaca kata-kata ambigu tersebut untuk pertama kalinya….

Fiuh gak tau lah mana yang bener, yang pasti saya lagi sedih. ..hiks….Klao udah melankolik kayak gini, segala lagu-lagu sedih terngiang-ngiang di telinga saya…jadi pengen buat kompilasi lagu-lagu untuk orang yang sedang terabaikan…dengan judul album Teraniaya..hiks..sedihnya….

Sindrom SBT DPH (Susah Bangun Tidur di Pagi Hari)

Ini adalah salah satu sindrom yang biasanya dialami sama orang yang udah tau besok mesti bangun pagi karena kerja, tapi masih aja nekat tidur larut malam dan sok jago begadang. Walhasil sindrom SBT DPH dengan sukses diidap.

Sindrom ini terjadi dengan abang saya. Demi nama baik dan keselamatannya, kita samarkan namanya dengan sebutan Abun alias Abang Buncit karena perutnya yang buncit kayak ibu-ibu hamil 9 bulan yang tinggal nunggu detik2 untuk melahirkan. Kalo benar2 melahirkan, saya yakin banget yang keluar dari perutnya itu adalah bayi kuda nil prematur…

Si Abun mengidap penyakit ini udah lama banget, kira-kira sejak dia SMA dan sampai dia udah kerja pun, tuh sindrom gak ilang-ilang. Gara2 penyakit si Abun ini, satu rumah dibuat jadi heboh pagi2 hanya untuk buat mata dia bisa melek dari tidur. Tiap hari emak n bapak saya gotong royong utk bangunin si Abun yang tidur gak sadar2 kayak orang digigit lalat tse-tse. Bahkan pernah saya dengan emak adu mulut pagi2 gara2 dia.

Emak: “Eh, ki bangunin si Abun tuh, bilang udah setengah 8. Kan dia kerja jam8.”
Saya: “alah biarkan Ma, udah besar masih dibangunkan. Biar dia sadar sendiri.”
Emak: “Anak ini gak bisa bangun sendiri, dia tidur tu kayak orang pingsan. Bom atom jatuh di sebelah dia pun gak bakalan dia sadar.”
Saya: “mungkin bom atom jatuh dengan pesawat nya sekalian Ma baru dia sadar….

Yak.. kepercayaan emak saya akan kemampuan si Abun untuk bangun pagi pun telah hilang.
Saking parahnya sindrom SBT DPH yang diderita si Abun, dia sampai-sampai pernah bolos kerja..sebuah penyebab yang gak professional. Kalo aja ada 10 orang menderita sindrom yang sama dengan si Abun di suatu perusahaan, di jamin perusahaan bakal pailit perlahan tapi pasti.
Emang benar kata pepatah, Ayam yang bangun lebih awal akan mendapatkan banyak cacing. Siapa yang bangunnya awal dapat rezeki lebih banyak ketimbang yang bangunnya siang. Sayangnya si Abun gak ngikutin filosofi ayam. Dia kayaknya lebih suka sama filosofi badak mungkin. Gak perlu bangun pagi untuk dapat makan dan badan tetap gede, makmur, sejahtera dan yang pasti masih bisa hidup.

Oh iya perlu diperhatikan bahwa ada beberapa gejala sindrom SBT DPH yang dapat dideteksi sejak dini,
1. Sindrom ini ditandai dengan suka begadang sampai malam. Biasanya yang mereka lakukan adalah nonton TV, main PS, ngulik2 komputer dan biasanya berakhir dengan tertidur di ruang tv atau ruang keluarga dengan kondisi TV masih menyala, tapi program tv yang masih ada tinggal siaran semut

2. Biasanya orang yang terkena sindrom ini akan secara ajaib pindah ke kamarnya sendiri. Contoh saat saya bagun tidur di suatu malam buat pipis dan hendak melewati ruang tengah:

Saya: (sambil ngucek-ngucek mata, memastikan benda besar apa yang menghalangi jalan saya ke WC) oh… si Abun ternyata…(pergi ke WC setelah memastikan bahwa itu Abun bukan gajah guling atau panda yang lagi obesitas)

Abun: kroooook….kreeeeek…...kroooook…..kreeeeek (suara Abun ngorok)

Setelah keluar dari WC dengan niat hendak kembali ke kamar, saya menemukan Abun telah menghilang secara misterius

Saya: “Abun kemana ya?” kok gak ada”

Abun: (lenyap dan suasana hening)

3. Gejala yang ketiga adalah, orang yang terkena sindrom ini biasanya mencari kambing hitam untuk bisa disalahkan atas ketidakmampuannya untuk bangun pagi. Kalo kasus si Abun, dia suka pesen sama emak saya untuk dibangunin pagi-pagi. Giliran udah dibangunin, si Abun malah makin nyenyak tidur. Pas udah berhasil dibangunin, dia langsung nyalahin emak saya yang gak berhasil bangunin dia pagi-pagi..Nah dari kondisi ini bisa terlihat jelas kan kalo orang yang menderita sindrom SBT DPH itu ternyata gak pernah dewasa..mereka gak bisa bertanggung jawab atas diri mereka sendiri.

4. Kalo gejala yang terakhir biasanya mereka yang terkena sindrom SBT DPH suka bohong sama orang yang nelpon mereka pagi-pagi. Contoh konkrit adalah si Abun yang dapat telepon pagi2 saat dia masih khusyuk tidur. Saya mencurigai orang yang nelpon dia pagi2 adalah teman satu kantornya
Handphone nya bunyi…
-beep- -beep- -beep-
Abun: (dengan mata masih terpejam) halo…….
Orang di seberang: Bun…Bla…..bla…bla…bla…….(gak begitu jelas terdengar)
Abun: (mata nya langsung melek) “o iya..iya…bentar lagi saya kesana. Ini udah mo mandi.”

Hah? Udah mo mandi?Mandi dari HONGKONG! Bohong!!! Jelas-jelas masih ngulet di tempat tidur!
Makin parah sindrom ini maka makin banyak pula kebohongan-kebohongan yang akan diperbuat. Bisa aja kan orang yang terkena sindrom SBT DPH bohong kalo dia lagi dalam perjalanan menuju ke kantor padahal kenyataanya masih guling-gulingan di tempat tidur.

Buat yang ngebaca tulisan ini dan tau kira-kira obat apa yang bisa nyembuhin sindrom ini, please tell to me. Sapa tau si Abun bisa sembuh suatu hari nanti, Amin.

AWAS TAWON!!!

Waktu itu saya dan dua orang teman KKN punya niatan mau mengunjungi warga belajar (WB) di desa Rasau Jaya 1, sebuah desa di kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Program KKN kita memberantas buta huruf warga yang ada disana mulai umur 14-44 tahun. Karena desa itu merupakan desa yang lumayan maju, maka susah sekale untuk cari warga belajar yang umurnya 14 tahun ke atas. Karena mereka rata2 udah pada melek huruf. Ibu2nya juga udah lumayan pinter2 baca. Walhasil warga belajar kita pun hanya ibu-ibu yang umurnya 44 tahun keatas. Itupun sebagian dari mereka udah bisa ngenal huruf dan gak bisa dikatakan buta huruf. Mungkin istilah tepatnya adalah rabun huruf atau mungkin katarak huruf kali ya…
Nah…karena waktu itu masih dalam rangka idul fitri, kita bertiga (saya, faris dan ashadi-red) bersilaturahmi kebeberapa rumah warga belajar kita yang ada disana. Dan acara silaturahmi pun berjalan lancar sampai di rumah terakhir warga belajar kita. Disitu kita udah say hi, goodbye and kissbye (lama2 jadi lebye-baca:lebai) dengan mereka yang baek-baek banget dah, dan kita bertiga pun caw dengan motor masing-masing. Nah kejadian naas terjadi saat perjalanan pulang dari rumah warga belajar. Waktu itu tangan sebelah kiri saya gak begitu pas memegang stang motor. Dengan niat hendak membetulkan pegangan di stang motor..saya pun dengan mantap menggerakkan tangan saya dengan gerakan memutar. Tapi..tiba2 saya merasakan sensasi rasa tajam yang tak biasa di jari kelingking kiri. Saat itu insting kemanusiaan saya pun berkata untuk segera melihat apakah yang terjadi…
Pas waktu saya pelototin benar2 tuh kelingking sebelah kiri..Wow..ternyata ada tawon yang mungkin masih junior menyengat saya. Buseeet…rasa sengatannya sakit sekalee. Melebihi rasa ketusuk jarum jahit emak2. Efek dari sengatan pun segera terlihat dalam hitungan detik. Jari memerah dengan sensasi rasa bengkak2 panas. Kalo saya masih kecil mungkin bisa diekspresikan dengan nangis. Tapi saya gak mungkin nangis di depan 2 teman saya. Gak lucu aja kan klo mereka nanya kayak gini

Saya: (menangis tersedu2)hiks….

Fariz/Ashadi: Knapa ka, kok nangis?

Saya: ini nih…saya terluka..cidera..

Fariz/Ashadi: HAH LUKA? Mana yang berdarah?Kok bisa? Kena apaan sih?

Saya: (sambil menunjukkan jari kelingking)nih digigit tawon…hiks

Fariz/Ashadi: (saling berpandangan; dua orang ini pasti keheranan klo ngeliat saya nangis karena digigit tawon. Baru digigit tawon kok udah mewek, apalgi klo digigit binatang yang lebih besar, seperti gajah mungkin…)

Dari kejadian tersengat tawon ini saya mendapatkan pelajaran bahwa jika kita tersengat tawon hal yang dilakukan adalah:
1. Jangan panik apalagi teriak2, karena tawon ukurannya kecil dan orang lain bisa aja gak tau klo kamu ternyata sedang disengat tawon. Klo kamu teriak2 gak jelas, kemungkinan besar bisa dikira orang stress atau yang lebih ekstrim lagi …gila. Maka dari itu jika kamu tersengat tawon tetaplah stay cool, walaupun rasa sakit mendera…

2. Jangan pernah ada keinginan untuk operasi plastik atau mengamputasi bagian yang tersengat…sekali lagi ,JANGAN!!! Sengatan tawon tidak menyebabkan perubahan fisik permanen. Misalnya yang tersengat tawon adalah hidung kamu yang mancung maka efeknya adalah selama beberapa hari hidungmu akan tampak membesar seperti hidung badut karena bengkak. Akan sangat aneh jika hidung kamu diamputasi hanya untuk menghentikan sengatan tawon menjalar ke bagian tubuh yang lain. Ambil sisi positif dari hal ini. Siapa tau kamu bisa ditawari jadi badut untuk ultah anak-anak atau badut ancol!he..3x

3. Segera laporkan kejadian ini kepada orang yang berada di dekat kamu pada saat itu. Siapa tau dia punya obat atau solusi untuk mengurangi rasa sakit karena sengatan.
Seperti saya yang segera memberi tau ashadi dan fariz setelah tersengat tawon. Solusi fariz adalah jika tersengat lebah, segera cari bunga dan oleskan ke bagian yang tersengat. Konon katanya bunga memiliki kandungan zat yang dapat menghentikan bisa tawon menyebar. Tapi kalau kamu tersengat tawon di mal misalnya atau tersengat tawon pas lagi nonton di 21 apakah mungkin kita segera mendapatkan bunga disana? Dan dengan panik bertanya ke orang sebelah yang lagi asik2 nonton, “misi mas/mbak, apa anda punya bunga? Saya disengat tawon lho!”…. Bisa2 kamu di cap mengidap penyakit gila nomor 40.
Kalau solusi dari ashadi lain lagi…dia bilang kalo disengat tawon segera isap bagian yang tersengat tawon tersebut untuk membuang bisa tawon. Tapi kalo yang tersengat itu adalah bagian jidat kita misalnya..pertanyaannya adalah, bagaimanakah cara mengisap jidat sendiri??? Orang yang punya jiwa pahlawan sekali pun akan dengan lantang bilang TIDAK untuk mengisap jidat orang lain hanya karena disengat tawon.
Yak..Solusi yang benar2 kontributif sekali kawan….

4. Jangan segera menganggap tersengat tawon adalah suatu musibah, siapa tau itu merupakan suatu anugerah. Kayak Peter Parker yang bisa jadi superhero manusia laba-laba karena digigit laba-laba. Nah, siapa tau kamu juga bisa kayak dia…jadi superhero manusia tawon..biar ada tandingan spiderman gitu…The Waspman…keren kan…

Ho…3x, buat kamu yang memiliki potensi besar untuk tersengat tawon, Those are valuable tips for you…Met Mencoba ya…

Selasa, 21 Oktober 2008

The Dinosaurus Metalik

huaaaah....ini adalah hari ke-4 saya ngangkut air pake ember bolak-balik dari sungai ke WC. Gila..capek benerrrr...pagi2 sudah mendapat perintah dari sang komandan ibunda tercinta buat nangkut2 air..sebab musabab dari kejadian yang melelahkan ini adlah karena ada buldozer gedeeee sekaleee segede2 dinosaurus...yang parkir di depan rumah buat betulin jalan..tu buldozer dapat mandat utk menancapkan kerangka beton di tepi sungai...sebagai tahap awal untuk perbaikan jalan kelak di daerah tempat tinggal saya yang sangat pesat kemundurannya...
Saking gedenya tu buldozer, sampai2 pipa ledeng utama yang berfungsi untuk mengalirkan air ke rumah juga ikut2 an pecah.Walhasil air gak bisa ngalir sampai sekarang dan ledeng pun tak berfungsi sebagaimana mestinya...
Tragedi pipa bocor ini menyebabkan ibu saya paranoid dengan bak kamar mandi. dia gak bisa ngeliat air di bak kamar mandi berkurang dikiiiiit aja udah langsung panik luar biasa. Terbukti saat di hari minggu pagi saya mandi di WC dengan damainya..tiba2 setelah selesai mandi, emak saya nanya ke adik, "yan tadi si Kiki (nama panggilan di rumah-red) mandi dimana?" (muka emak udah mulai panik). Adik saya jawab, "itu tuh mandi di WC!" (muka adik innocent. "APA...???? DI WC???" suara emak saya meninggi. GAK BIS MANDI DI SUNGAI APA???UDAH TAU AIR GAK JALAN!! kali ini suaranya lebih tinggi lagi dari sebelumnya,seolah-olah mandi di WC yang keran airnya gak jalan adalah salah satu tanda dari kiamat kubro.
"emang mo mandi di mana lagi,di teras rumah???" saya jawab asal2an.
fiuh...semua ini gara2 dinosaurus metalik yang gede itu...penyiksaan ini mungkin akan berlangsung selama 3 bulan kedepan.Oh..Tuhan berilah hamba-Mu ini kekuatan untuk menimba air di hari2 berikutnya...amin

Rabu, 08 Oktober 2008

Makna Angka Versi Saya

assalamu'alaikum...
wah udah lama nih saya gak nulis2 di blog saya...abis gak mood mo nulis2. Pada kesempatan kali ini..(cia...bahasanya) saya hendak menulis makna angka-angka yang merupakan sebuah hasil perenungan di tempat yang benar2 tenang dan damai utk merenung..ehm...kita mulai dengan menyibak makna angka 1
oke...
Angka 1 adalah angka yang paling simple diantara angka-angka yang lain. bantuknya lurus, gak perlu susah utk menulis angka 1. Nah orang yang suka dengan angka satu ini adalah orang yang sederhana, gak neko-neko pokoknye ndak macam-macam lah..

Angka 2 adalah angka yang bentuknya mirip unggas bebek..tau kan bebek kwek-kwek-kwek bunyinya kayak orang ngomel. nah orang yang suka angka 2 ini kemungkinan besar dia adalah orang yang cerewet, suka ngomel, ngomong suka mendominasi dengan intonasi yang cepat dan menabrak titik koma.

Angka 3 adalah angka yang mirip seperti hewan mamalia kelelawar, tau kan prinsip hidup kelelawar, siang tidur malam begadang cari makan..Orang2 yang suka dengan angka tiga pasti hobi begadang...dang..dang..sampai laraut malam..katanya malam2 gak beagadang bagai sayur tanpa garam...

Angka 4 adalah angka yang bentuknya itu seperti kursi terbalik. Nah orang2 yang menggemari angka empat biasanya punya pandngan terbalik tentang sesuatu. Lain dari pada yang lain gituh...orang bilang a dia bisa bilang z. orang bilang hitam dia bisa bilang putih. dengan kata lain orang yang menyukai angka 4 itu aalah orang yang aneh.

Angka 5 adalah angka yang sangat pancasilais...maksudnya ya lima sila pancasila. orang yang suka dengan angka 5 pasti semangat patriotisme nya tinggi-tinggi sekali bagai naik2 ke punacak gunung...rela berkorban demi bangsa dan negara (yang baca pasti ge-er trus abis itu senyum sampai 10 senti simetris)

Angka 6 adalah angka yang ke-6(yah iyalah....)enam ini apa ya...ya seperti rukun iman. yang suka angka enam itu kemungkinan besar orangnya alim,takwa kepada Tuhan YME, dan bla...bla..bla....angka enam itu seperti angka sembilan terbalik.Trus bentuknya bergulung2 gitu kayak orang sakit perut. Buat yang suka angka enam pasti punya sering keluhan di bagian perut gitu..

Angka 7 adalah angka yang bentuknya seperti cangkul...itu merefleksikan bahwa orang yang suka angka 7 adalah orang yang rajin berusaha, pekerja keras, pantang menyerah dan kontributif...kata pepatah cina kalo belum 7 kali coba..belum bisa dikatakan gagal (sorry nih kalo salah kutip pepatah cina).

Angka 8 adalah angka yang gak ada ujung pangkalnya..jadi orang yang suka angka 8 adalah orang yang kalo ngomong gak tau ujung pangkalnya dimana, tiba2 ngomomg aja...no wonder klo orang yang suka angka 8 dibilang asal jeplak

Angka 9 adalah angka yang bentuknya kayak angka enam tapi kebalikannya. Kalo orang yang suka angka enam punya masalah di perut, nah orang yang suka angka 9 ini punya masalah di kepala...suka pusing mungkin...tapi orang yang suka angka 9 ini rata2 orangya cool,inut dan keren...

Angka 0 adalah angka yang bentuknya buncit. Gak salah lagi pasti orang yang suka angka nol hobinya makan, tapi gak gendut2. perlu diperhatikan bahwa orang yang suka angka nol cenderung memiliki resiko terkena busung lapar lebih tinggi.ati2 ya buat penggemar angka 0.

Nah saya itu favorit banget dengan angka 17 dan 9, itu artinya saya itu orangnya sederhana, tapi rajin dan pekerja keras dan yang paling penting ini saya itu orangnya cool, imut dan keren...he..3x (percayalah itu)

So, bagaimana dengan angka favorit kamu semua???

Selasa, 16 September 2008

puisi indah dari ws rendra

PUISI INDAH DARI RENDRA


Sering kali aku berkata, ketika orang memuji milikku,
bahwa sesungguhnya ini hanya titipan
Bahwa mobilku hanya titipan Nya, bahwa rumahku hanya titipan Nya,
bahwa hartaku hanya titipan Nya
Tetapi, mengapa aku tidak pernah bertanya, mengapa Dia menitipkan padaku?
Untuk apa Dia menitipkan ini padaku?

Dan kalau bukan milikku, apa yang harus kulakukan untuk milik Nya ini?
Adakah aku memiliki hak atas sesuatu yg bukan milikku?
Mengapa hatiku justru terasa berat, ketika titipan itu diminta kembali oleh
Nya?

Ketika diminta kembali, kusebut itu sebagai musibah,
kusebut itu sebagai ujian, kusebut itu sebagai petaka,
kusebut dengan panggilan apa saja yang melukiskan bahwa itu adalah derita

Ketika aku berdoa, kuminta titipan yg cocok dengan hawa nafsuku,
aku ingin lebih banyak harta, lebih banyak mobil, lebih banyak rumah,
lebih banyak popularitas, dan kutolak sakit, kutolak kemiskinan.

Seolah semua "derita" adalah hukuman bagiku
Seolah keadilan dan kasih Nya harus berjalan seperti matematika:
"aku rajin beribadah, maka selayaknyalah derita menjauh dariku,
dan nikmat dunia kerap menghampiriku

Kuperlakukan Dia seolah mitra dagang, dan bukan kekasih
Kuminta Dia membalas "perlakuan baikku" dan
menolak keputusan Nya yang tak sesuai keinginanku,

Gusti, padahal tiap hari kuucapkan, hidup dan matiku hanyalah untuk
beribadah...
"Ketika langit dan bumi bersatu, bencana dan keberuntungan sama saja"

WS Rendra

wah saat saya membaca puisi dari Mr. Ws Rendra, rasanya malu sekali sama Allah. Gimana gak malu setiap doa yang diucapkan  kalo di buat list satu2, pasti banyak mintanya daripada confess atau bersyukurnya. Kita memang makhluk yang tiada daya dan upaya...minta rezeki, dijauhkan dari musibah, minta kesehatan lahir batin dan selamat dunia akhirat.
Seandainya Allah tidak pernah menjamin apapun dari doa yang kita panjatkan, akankah kita tetap berdoa kepadanya?
Seandainya tak pernah ada reward berupa neraka dan surga, masihkah kita menyembahnya dan berkata "Engkau adalah Tuhanku Yang Maha Kuasa?"

kisah si penebang pohon

Berikut ini adalah artikel yang saya ambil dari www.dudung.net yang di tulis oleh Mr. Andrie Wongso tentang seorang penebang pohon:

Alkisah, seorang pedagang kayu menerima lamaran seorang pekerja untuk menebang pohon di hutannya. Karena gaji yang dijanjikan dan kondisi kerja yang bakal diterima sangat baik, sehingga si calon penebang pohon itu pun bertekad untuk bekerja sebaik mungkin.

Saat mulai bekerja, si majikan memberikan sebuah kapak dan menunjukkan area kerja yang harus diselesaikan dengan target waktu yang telah ditentukan kepada si penebang pohon.

Hari pertama bekerja, dia berhasil merobohkan 8 batang pohon. Sore hari, mendengar hasil kerja si penebang, sang majikan terkesan dan memberikan pujian dengan tulus, "Hasil kerjamu sungguh luar biasa! Saya sangat kagum dengan kemampuanmu menebang pohon-pohon itu. Belum pernah ada yang sepertimu sebelum ini. Teruskan bekerja seperti itu".

Sangat termotivasi oleh pujian majikannya, keesokan hari si penebang bekerja lebih keras lagi, tetapi dia hanya berhasil merobohkan 7 batang pohon. Hari ketiga, dia bekerja lebih keras lagi, tetapi hasilnya tetap tidak memuaskan bahkan mengecewakan. Semakin bertambahnya hari, semakin sedikit pohon yang berhasil dirobohkan. "Sepertinya aku telah kehilangan kemampuan dan kekuatanku, bagaimana aku dapat mempertanggungjawabkan hasil kerjaku kepada majikan?" pikir penebang pohon merasa malu dan putus asa. Dengan kepala tertunduk dia menghadap ke sang majikan, meminta maaf atas hasil kerja yang kurang memadai dan mengeluh tidak mengerti apa yang telah terjadi.

Sang majikan menyimak dan bertanya kepadanya, "Kapan terakhir kamu mengasah kapak?"
"Mengasah kapak? Saya tidak punya waktu untuk itu, saya sangat sibuk setiap hari menebang pohon dari pagi hingga sore dengan sekuat tenaga". Kata si penebang.

"Nah, disinilah masalahnya. Ingat, hari pertama kamu kerja? Dengan kapak baru dan terasah, maka kamu bisa menebang pohon dengan hasil luar biasa. Hari-hari berikutnya, dengan tenaga yang sama, menggunakan kapak yang sama tetapi tidak diasah, kamu tahu sendiri, hasilnya semakin menurun. Maka, sesibuk apapun, kamu harus meluangkan waktu untuk mengasah kapakmu, agar setiap hari bekerja dengan tenaga yang sama dan hasil yang maksimal.

Sekarang mulailah mengasah kapakmu dan segera kembali bekerja!" perintah sang majikan. Sambil mengangguk-anggukan kepala dan mengucap terimakasih, si penebang berlalu dari hadapan majikannya untuk mulai mengasah kapak.

Istirahat bukan berarti berhenti ,

Tetapi untuk menempuh perjalanan yang lebih jauh lagi

Sama seperti si penebang pohon, kita pun setiap hari, dari pagi hingga malam hari, seolah terjebak dalam rutinitas terpola. Sibuk, sibuk dan sibuk, sehingga seringkali melupakan sisi lain yang sama pentingnya, yaitu istirahat sejenak mengasah dan mengisi hal-hal baru untuk menambah pengetahuan, wawasan dan spiritual. Jika kita mampu mengatur ritme kegiatan seperti ini, pasti kehidupan kita akan menjadi dinamis, berwawasan dan selalu baru !

Salam sukses luar biasa!
Andrie Wongso


Saat membaca kisah ini, saya seperti melihat diri saya sendiri, yangS etiap harinya dipenuhi dengan rutinitas mengajar, tapi tidak menyediakan waktu untuk mencas otak dengan ilmu2 yang baru. Sampai suatu saat saya merasa stuck. "Apakah hanya ini saja yang bisa saya sharing ke murid2 saya?" kalau seperti ini terus, bisa2 saya tertinggal jauh dengan murid2 saya sendiri.
Disaat mereka telah mengenal sesuatu yang baru dengan baik, mungkin saya mendengar namanya pun tidak. Hmmm....saya harus banyak belajar nih biar gak ketinggalan dari yang lain.
Allah, berikan aku semangat dan kelapangan hati untuk menuntut ilmu, dan ridhai lah langkahnku Ya Allah. Amin

Sabtu, 13 September 2008

what I use to do if i feel fretful

what I use to do if i feel fretful:
-muka jadi berkerut lalu secara otomatis mencemberutkan wajah
-nulis coretan yang seperti benang kusut
-lempar2  or ngerobek2 kertas
-ngelempar batu sekuat tenaga
-nulis comment di friendster dengan huruf2 kapital semua
-kalo lagi naik motor..ya ngebut
-mendengarkan lagu yang menceriakan ya seperti stop n stare itu
-ngomel2 ndak jelas
-ini biasanya yang paling sering dilakukan...tidur.....

Selasa, 09 September 2008

Stop and Stare
By One Republic

I started to like this song when I heard it in my friend's notebook. Dunno why but it sounds cool

This town is colder now, I think it's sick of us
It's time to make our move, I'm shakin off the rust
I've got my heart set on anywhere but here
I'm staring down myself, counting up the years
Steady hands, just take the wheel...
And every glance is killing me
Time to make one last appeal... for the life I lead

Stop and stare
I think I'm moving but I go nowhere
Yeah I know that everyone gets scared
But I've become what I can't be, oh
Stop and stare
You start to wonder why you're 'here' not there
And you'd give anything to get what's fair
But fair ain't what you really need
Oh, can u see what I see

They're tryin to come back, all my senses push
Un-tie the weight bags, I never thought I could...
Steady feet, don't fail me now
Gonna run till you can't walk
But something pulls my focus out
And I'm standing down...

Stop and stare
I think I'm moving but I go nowhere
Yeah I know that everyone gets scared
But I've become what I can't be, oh
Stop and stare
You start to wonder why you're here not there
And you'd give anything to get what's fair
But fair ain't what you really need
Oh, you don't need

What u need, what u need...

Stop and stare
I think I'm moving but I go nowhere
Yeah I know that everyone gets scared
But I've become what I can't be
Oh, do u see what I see...


scratches of my rage

I can act that everything is ok
but the worry spinning around in my head
Seconds, minutes, hours and days seem can't take them away from me
I wanna yell out to them who had given me a pain
but my surrounding forced me not to do that
It's so suck knowin' that I just wait on and on the answer
Please tell me the truth
What it is...
yes to go on or no to end it
The pride makes me coward to move forward
Now I'm playin' puzzle in my mind
What is the ending of my story?....

Kamis, 28 Agustus 2008

Ada Nano2 di KKN

hua....hua.. udah lama gak posting. Soalnya sibuk KKN 2 bulan dari tgl 5 Juli sampai 26 agustus 2008. Yah tempatnya sih gak terlalu jauh-jauh amat, tepatnya di Kabupaten Kubu Raya, Kecamatan Rasau Jaya, Desa Rasau Jaya 1. Kira-kira kalau naik motor standar kayak honda dgn kecepata 70 sampai 80 km/jam dpt ditempuh kurang lebih 45 menitan, kalau gak ada rintangan menghadang di jalan.
Banyak sekaleee... pengalaman pait, manis asam, asin ramai rasanya selama KKN. Krna 1 kelompok ada 29 orang(klpk saya yang paling banyak membernya) dengan berbagai karakter, sifat, isi kepala, wajah (tentunya), kebiasaan yang berbeda2, saya bnyk bgt belajar dan mendapatkan pengalaman berharga selama disana.
Menjalin keakraban dengan teman2 satu kampus yang tadinya gak akrab2 amat atau bahkan gak kenal nama, pas KKN jadi akrab banget, merupakan hal yang excited dari KKN. Gimana gak akrab. lah wong kita masak sama2, makan sama2, tidur sama2, ngorok sama2, ngiler sama2..ho...3x. senengnya....
truz ketemu sama orang2 desa yang baeeek...banget dah pokoke. Kita dikasi jagung sekarung, kacang tanah sejibun, ubi jalar berkantong2 buanyak dah pokoknya..
saya merasa betah disana.Gak tau ya knapa, pokonya betah aja. Mungkin krn gak ada yang ngomel2 kayak di rumah kali ya.. ho...3x. Heran aja ngeliat temen yang terheran2 dgn saya krn pulang 
pergi ke ptk paling dikit diantara yang laen. Malaz mo pulang pergi, toh orang rumah juga menyarankan gak usah sering2 pulang(biar jatah nasi berkurang)
Kalo pahitnya KKN, paling kita mesti sabar2 nahan emosi disana.Bagi saya yang tempramental (tempramental:tempe di lempar sampai mental) susah sekalee mo nahan emosi.apa lagi jumlah kepala itu ada 29 orang, dengan karakter yg beda2 pula. Waktu pertama kali datang ke rasau, dan untuk brifieng pertama kalinya..duh..kalo bisa cakar mencakar udah terjadi kali di camp. Untung saya gak bereaksi. Kalo seandainya saya bereaksi, wah..bisa2 terjadi lempar2an parang ni. Trus pahitnya KKN itu...saya merasa ada seseorang yang selalu nyindir2 saya. gak tau tuh pangkal permasalahannya apa, tiba2 berubah aja sikapnya. Yeah man never be the same before..tapi ada hikmahnya juga, ini adalah ujian pendewasaan diri buat saya. Tadinya saya gak paercaya kalo ada masalah yg dapat dipecahkan dengan diam...ternyata pas di KKN I finally found the case that require me to keep silent(kurang lebih gini lah bahasa inggrisnya). Itu ujian...
Sebenarnya banyak yg mo disampaikan..tapi udah kehabisan ide ni mo nulis apa... eh ada partai baru...Partai KKN Sejahtera..lambangnya jagung. gimana gak sejahtera, wong teman2 timbangannya pada naik semua..termasuk saya.he...he...
 

Senin, 16 Juni 2008

unsolved problem on my face

fiuh....fiuh...fiuh...problem yang tidak bisa saya pecahkan hingga sekarang adalah: J-E-R-A-W-A-T. Saya nggak tau tuh apa penyebab utama dari jerawat2 di wajah yang muncul bagai cendawan di musim penghujan. Kalau mo di bilang malas bersihin wajah...saya yang termasuk rajin bersihin muka abis melanglang buana entah kemana...minjem keterangan dari wikipedia katanya penyebab jerawat itu adalah:
  • Stres
  • Keturunan dari orangtua
  • Aktivitas hormon : Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang hiperaktif
  • Bakteri di pori-pori kulit
  • Iritasi kulit atau karena garukan
  • Anabolic steroid
  • Pil pengontrol kelahiran / pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
  • Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne .
mungkin karena kelenjar minyak yang hiperaktif kali ya... penyebab jerawat saya
nah, berikut ini adalah miskonsepsi ttg jerawat:

Makanan. Coklat, snack, gula, susu dan seafood tidak menyebabkan jerawat. Penelitian medis hingga kini tidak menemukan perbedaan yang berarti antara timbulnya jerawat pada dua kelompok manusia, salah satu kelompok mengkonsumsi makanan di atas dan yang lain tidak. Tetapi, dalam buku The Acne Prescription, dermatologis radikal Nicholas Perricone menuturkan bahwa ini juga merupakan sebuah mitos, dan menyarankan diet khusus dengan menu ikan yang banyak dan sedikit gula.

Trus mitos tentang kacang penyebab jerawat itu juga katanya gak benar. makanan apapun kalau memang menganung lemak berlebih akan menimbulkan jearawat...
yang pasti sampai skrang saya belum menemukan obat manjur pengusir sang jerawat...

Senin, 19 Mei 2008

Satu yang Indah

Satu yang Indah
... Ketika AKU menciptakan langit dan bumi. Aku berfirman dan jadilah.
Ketika AKU menciptakan pria, AKU membentuknya dan meniupkan nafas kehidupan ke lubang hidungnya.
Tetapi engkau, wanita, AKU menghiasmu setelah aku meniupkan nafas kehidupan ke pria karena lubang hidungmu terlalu lembut.
AKU membiarkan pria tertidur dengan nyenyak sehingga AKU dapat dengan sabar dan sempurna membentuk engkau. Pria AKU buat tertidur supaya dia tidak dapat mencampuri.
Dari satu tulang, AKU menghiasmu. AKU memilih tulang yg melindungi kehidupan pria.
AKU memilih tulang rusuk, yg melindungi jantung dan paru2 dan mendukungnya, sebagaimana yg harus kamu lakukan.
Dari satu tulang ini, aku membentukmu dengan sempurna dan cantik. Sifatmu adalah seperti tulang rusuk, kuat tetapi lembut dan mudah patah.
Engkau menyediakan perlindungan utk organ paling lembut dari pria, hati/jantungnya.
Jantungnya adalah pusat dari kehidupannya, paru2nya menggenggam nafas kehidupan. Dukunglah pria sebagaimana tulang rusuk melindungi tubuhnya.
Engkau tidak diambil dari kakinya utk menjadi alasnya, tidak juga diambil dari kepalanya utk menjadi atasannya.
Engkau diambil dari sisinya, utk berdiri di sebelahnya dan dipeluk dengan erat.
Engkau adalah malaikat-KU yg sempurna.
Engkau adalah gadis kecilku yg cantik.
Engkau telah tumbuh menjadi wanita yg sempurna, dan mata-KU terpuaskan ketika aku melihat hatimu.
Matamu-jangan mengubahnya.
Bibirmu sangat cantik ketika mengucapkan doa.
Hidungmu sangat sempurna dlm bentuk.
Tanganmu sangat lembut utk disentuh.
AKU telah memberi perhatian pada wajahmu saat engkau tertidur. AKU menggenggam hatimu dekat dengan-KU.
Dari semua yg hidup dan bernafas, engkau adalah yg paling mirip dgn AKU.
Adam berjalan bersamaku di hari yg dingin dan dia kesepian.
Dia tidak dpt melihat ataupun menyentuh-KU. Dia hanya dapat merasakan-KU.
Jadi semua yang AKU ingin Adam berbagi denganku, aku membentuknya di dalam kamu.
Kekuatan-KU, kemurnian-KU, cinta-KU, perlindungan-KU dan dukungan-KU.
Engkau adalah istimewa krn engkau adalah perpanjangan tangan-KU.
Pria melambangkan citra-KU - wanita, perasaan-KU.
Bersama2... kalian melambangkan TUHAN yg sejati.
Jadi pria - perlakukan wanita dengan baik. Cintailah dia, hormatilah dia, krn ia lembut. Menyakitinya, berarti engkau menyakiti-KU.
Wanita, dukunglah pria. Dlm kesederhanaan, tunjukkan kepadanya kekuatan perasaan yg telah KU berikan kepadamu.
Dlm kesunyian, tunjukkan kekuatanmu.
Dlm cinta, tunjukkan kepadanya bahwa engkau adalah tulang rusuknya yg melindungi tubuhnya.

As-Syams:1-10

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Demi matahari dan sinarnya di pagi hari
Demi bulan apabila mengelilingi
Demi siang apabila menampakkan
Demi malam apabila menutupi
Demi langit dan seluruh binaannya
Demi bumi dan seluruh penghamparannya
Demi jiwa dan penyempurnaannya
Allah meniupkan sukma ketakwaan dan kefasikan
Beruntunglah bagi mereka yang mensucikannya,
merugilah bagi mereka yang mengotorinya

kontemplasi ku

Rentang waktu
kadang membuat kita lupa
bahwa kita semakin dewasa

Rentang waktu
kadang membuat kita lupa
bahwa kita telah melanggar titah Yang Kuasa

Rentang waktu
terkadang membuat kita sadar
bahwa kita hanya manusia
yang tak punya apa-apa
selain jasad yang tak berguna

Rentang waktu
kadang membuat kita sadar
bahwa Tuhan tidak melihat harta dan rupa
melainkan hati yg ada di dalam dada
dan amal jasad yg lata

Walau Einstein berkata bahwa rentang waktu itu berbeda tergantung dalam keadaan apa kita berada
Namun Tuhan telah berkata,
“Hanya Akulah yang tahu umur manusia”.

Sekular barat berkata,
“Waktu adalah dolar di dalam kantung”
Namun Hasan Al-Bana berkata,
“Waktu adalah pedang,potong atau terpotong”.

Waktu..Alam terus menari dalam simfoninya
Waktu..Umur manusia didikte olehnya
Waktu..setiap detaknya memakukan kita di persimpangan jalan-jalan Tuhan atau jalan setan

Rentang waktu
semoga tak melalaikan kita
tuk terus berjalan karenaNYa

Rabu, 23 April 2008

congratulation to my beloved friend, elisa

Thank's God. Alhamdulillah one of my friends, elisa is choosen as the representative of west kalimantan in youth exchange program to Canada. ngga' nyangka teman ku yang badannya kecil itu bisa terpilih juga. Sebenarnya saya udah punya feeling, kayaknya ni anak bakalan kepilih jadi wakil kalbar ke Kanada. Tapi si Elisa sendiri malah gak yakin. Hari pertama dia tes di kanpora pontianak dia sempet ciut gara2 peserta yabg laen badannya tinggi-tinggi, putih rambut panjang, wangi(untung belakangnya gak bolong) and pake blazer buat yang ceweknya. Saking pesimisnya dia sempet ngirim sms kayak gini: "Asw, hampir semua peserta pake jas or blazer secara penampilan,aku kalah. Di sini ramai sekali...Aku percaya rencana Allah adalah yang terindah." hari itu saya benar-benar lupa kalau anak itu ada tes di kanpora buat pertukaran pemuda ke Kanada. Saya balas sms-nya " Ya Allah,aku lupa kalo u tes hari ini. Tapi sa semoga juri memegang teguh pepatah "don't judge the book by its cover". Do the best of you. Masalah terpilih atau ndak, itu rejeki sa...Allah MahaTau apa yang terbaik untuk umatnya yang paling penting adalah TETAP SEMANGAT. Tmjukkan bahwa Elisa itu kecil-kecil cabe rawit." dan ternyata...si "kecil" Elisa berhasil berada pada peringkat pertama...wah senangnya...saya udah wanti-wanti ke Elisa..kalo ke Kanada jangan lupa sebut nama saya 40 kali tepat pada saat dia turun dari pesawat. Kata bunda tercinta kalo 40 kali disebut bisa makbul. Sapa tau aja one day saya juga bisa nyusul ke Kanada.Amiin. To my beloved friend Elisa..I believe you can fly to Canada and it comes true...

Kamis, 17 April 2008

Sir,please allow us to join the interview

aku ingin ikut interview IIEF. tapi bentrok dengan mid relt 2 hari jumat....sir tulung lah ijinkan aku dan teman teman untuk ikut second selection. masa dirimu setega itu sih sir same kamek2. Ini once in a lifetime... mid tu kan bise nyusul. hik..hiks..
aku hanya bisa pasrah saja...rencana Tuhan itu lebih indah untuk umatnya. Seandainya itu memang rejeki ku untuk ikut..maka akan ada jalan kemudahan bagi hamba mu ini. amin

Rabu, 16 April 2008

thank's God I passed the 1st selection

alhmdulillah ya Allah...i passed the 1st selection of IIEF. Hope that I can pass the 2nd selection of this program...give a strength to follow the process of interview. this is a great chance for me to go abroad....i will go there sooner or later. go to somewhere.I believe I can fly to Canada, Paris, Aussie.

Rabu, 19 Maret 2008

mudah2an bise diatas 470, amin

gimana ni naseb tes itp saye....hiks...susah euy tes-nya. Listening nya cepat, structurenye tak meyakinkan jawabannya, reading pening2 lalat jawabannya..fiuh...yaAllah jika Engkau ridhoi jalanku untuk mengikuti program itu, maka permudahkan lah jalan nya bagi hamba. Jika tidak, makabuka kan lah kesempatan beasisiwa yang lain bagi hamba mu ini, amin

futur mengajar

kenapa saya akhir-akhir ini futur mengajar??
padahal itu adalah tanggung jawab yang harus saya penuhi disamping mendapatkan hak saya di akhir bulan...bagaimana ini koq bisa ya...mudah-mudahan gak lama penyakit ini
zwani.com myspace graphic comments This blog is owned byKupunya blog....about complicated posting and writing of something...